Ahad 25 Jun 2023 19:29 WIB

Wisata Kota Sukabumi, Rekreasi di Lapang Merdeka dan Jajan di Titik Juara

Di Titik Juara Kota Sukabumi tersedia produk kuliner dan kriya.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Titik Juara di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Titik Juara di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Lapang Merdeka menjadi salah satu tujuan favorit untuk berekreasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Warga biasa sekadar jalan-jalan atau menongkrong menikmati suasana kota maupun berolahraga di sana.

Di area Lapang Merdeka ada tempat yang dinamakan Titik Juara. Lokasinya berseberangan dengan bangunan heritage Gedung Juang 45. “Lokasinya nyaman dan pilihan makanan juga menarik,” ujar Santi (28 tahun), warga Cikole, Kota Sukabumi, yang mengunjungi Titik Juara.

Ada bermacam kuliner yang dijajakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Titik Juara. Seperti bubur, nasi kuning, bakso, berbagai penganan, juga minuman, seperti kopi. “Pengunjung ramai di akhir pekan, mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ujar pedagang Bakso Malang Eco Mang Osis di Titik Juara, Asep Saepullah (50), saat ditemui, Ahad (25/6/2023).

Pengunjung Titik Juara disebut bukan hanya warga Sukabumi. Ada juga dari luar daerah, seperti Cianjur dan Bogor. Selain kuliner, di Titik Juara juga tersedia produk UMKM yang bisa dijadikan oleh-oleh. “Pelaku UMKM, khususnya kuliner, merasa terbantu dengan adanya Titik Juara,” kata Asep.

Titik Juara di Lapang Merdeka ini diresmikan pada 5 Februari 2022. Kehadirannya tak berselang lama setelah peresmian alun-alun terintegrasi, yang mencakup kawasan Alun-Alun Kota Sukabumi dan Lapang Merdeka.

 

photo
Suasana Titik Juara di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Ahad (25/6/2023). - (Republika/Riga Nurul Iman)

 

Pemerintah menghadirkan Titik Juara sebagai salah satu upaya mendorong pemulihan ekonomi pelaku UMKM. “Gerai ini adalah salah satu wujud bagaimana Pemkot Sukabumi berkomitmen kerja sama dan kolaborasi dengan Pemprov Jabar dan pelaku UMKM,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Di Titik Juara ada pelaku UMKM kuliner dan kriya. Menurut Fahmi, produk UMKM yang masuk ke Titik Juara merupakan hasil kurasi.

Koordinator UMKM Juara Kota Sukabumi, yang menjadi pengelola Titik Juara, Sri Puji Rahayu, mengatakan, Titik Juara akan menjadi home central pelaku UMKM di Kota Sukabumi.

Menurut dia, Titik Juara membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan pasar dan melakukan pemasaran, hingga menjadi tempat berbagai pelatihan. Targetnya Titik Juara ini mampu membuat pelaku UMKM mandiri dan naik kelas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement