Rabu 12 Jul 2023 18:35 WIB

Persib Dukung Program Talenta Garuda, Libatkan Pemain Binaan Akademi Persib

Sebanyak 187 pemain menjalani seleksi langsung dipantau oleh Presiden Jokowi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi saat meninjau Stadion Si Jalak Harupat dan melihat proses seleksi timnas Indonesia U-17, Rabu (12/7/2023).
Foto: Dok. Laily Rachev - Biro Pers
Presiden Jokowi saat meninjau Stadion Si Jalak Harupat dan melihat proses seleksi timnas Indonesia U-17, Rabu (12/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persib Bandung konsisten mendukung upaya pembinaan usia muda. Komitmen itu ditunjukkan dengan banyaknya pemain binaan Akademi Persib yang dilibatkan dalam seleksi pemain tim U-17 regional Jawa Barat untuk pembentukan Tim Nasional bertajuk "Talenta Garuda" untuk Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia, November-Desember 2023.

Seleksi pemain regional Jawa Barat yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Rabu, 12 Juli 2023, merupakan tahapan pertama program "Talenta Garuda" yang akan digelar di 10 kota di Indonesia.

Sebanyak 187 pemain menjalani seleksi langsung dipantau oleh Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Bimo Nandito Ariotedjo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Deputi CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi proses seleksi pembentukan Timnas Indonesia U-17 yang membuat pemain bisa lebih semangat. "Saya kira proses seperti ini harus saya apresiasi. Sebab, PSSI memberikan kesempatan kepada anak-anak muda kita untuk ikut berpartisipasi di Piala Dunia U-17,” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Persib, Rabu (12/7/2023).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan, kapasitas Indonesia sebagai tuan rumah  Piala Dunia U-17 harus ditunjukkan dengan mempersiapkan tim nasional yang tangguh. Karena itu, kualitas Timnas harus bisa bersaing dengan 23 kontestan Piala Dunia U-17 lainnya.

"Tadi Presiden meminta lolos ke final. Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik, kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U-17. Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga Direktur Teknik PSSI, serta Asprov untuk mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia," kata Erick.

Erick menambahkan, untuk memantau kualitas pemain, PSSI melibatkan para mantan pemain nasional yang bertindak sebagai pelatih dan pemandu bakat. Nama-nama seperti pelatih Timnas U-17 Bima Sakti, Rully Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indriyanto akan terjun memantau seleksi pemain muda.

Sementara itu, Deputi CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono menyatakan dukungannya terhadap program Talenta Garuda untuk membentuk Timnas U-17 terbaik. Sebagai bentuk dukungan, Persib juga melibatkan para pemain binaan Akademi Persib dalam proses seleksi. 

“Kami selalu berkomitmen dalam hal pembinaan pemain muda, termasuk tahapan seleksi dalam program Talenta Garuda ini. Saya berharap, dari seleksi ini, tim nasional tangguh akan terbentuk," kata Teddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement