Ahad 23 Jul 2023 14:03 WIB

Canyoneering di Curug Cikondang, Ridwan Kamil Ajak Warga Wisata Air Terjun

Ada ratusan curug atau air terjun di wilayah Jawa Barat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menuruni tebing Curug Cikondang, Kabupaten Cianjur, Jabar.
Foto:

Untuk menuju Curug Cikaso dari pintu masuk kawasan wisata, wisatawan bisa menggunakan perahu dan menempuh perjalanan sekitar satu kilometer menyusuri aliran sungai. Pilihan lainnya, berjalan kaki sambil melihat persawahan dan pepohonan. 

3. Curug Cimahi

Curug Cimahi, atau yang populer disebut Curug Pelangi, memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Air yang terjun dari curug ini berasal dari Situ Lembang.

Secara administratif, Curug Cimahi masuk wilayah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju lokasi curug itu, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum jurusan Lembang-Cisarua.

Pengunjung nantinya mesti berjalan menuruni ratusan anak tangga untuk sampai di Curug Pelangi.

4. Curug Citambur

Curug Citambur merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di selatan Kabupaten Cianjur. Tepatnya di wilayah Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini merupakan curug tertinggi di wilayah Jabar.

Kontur Curug Citambur bertingkat-tingkat, dengan pemandangan hijau pepohonan di sekitarnya. Air curug itu berasal dari mata air wilayah Resor Pemangkuan Hanjawar Timur 2, yang kondisinya jernih. Namun, pengunjung tak disarankan berenang di sana, mengingat derasnya air curug dan curamnya bebatuan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement