Ahad 30 Jul 2023 22:53 WIB

Menyemarakkan Tahun Baru Islam, di Cijangkar Sukabumi Digelar Festival Dongdang

Ada ribuan warga yang meramaikan Festival Dongdang.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Warga mengikuti Festival Dongdang di Cijangkar, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Ahad (30/7/2023).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Warga mengikuti Festival Dongdang di Cijangkar, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Ahad (30/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Ribuan warga meramaikan Festival Dongdang di Cijangkar, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (30/7/2023). Festival ini digelar DKM Masjid Al Ikhlas ini untuk menyemarakkan Bulan Muharram 1445 Hijriyah.

Salah seorang warga Cijangkar, Husen (38 tahun), mengatakan, Festival Dongdang sudah rutin digelar di daerahnya untuk memeriahkan Tahun Baru Islam. Menurut dia, kegiatan ini menunjukkan kekompakan warga dan menggaungkan syiar Islam. “Antusiasme warga sangat tinggi, ada sekitar 2.000 orang yang mengikutinya,” ujar dia.

Baca Juga

Dongdang merupakan istilah dalam bahasa Sunda untuk tempat membawa makanan atau hantaran saat hajatan atau ada peristiwa istimewa. Pada Festival Dongdang ini warga melakukan pawai keliling dengan menampilkan kreativitas mereka. Digelar juga lombang dongdang.

“Acara ini puncak menyambut Muharram sebagai simbol tanda menyambut tahun baru dengan harapan baru dan spirit yang baru, terutama perubahan yang lebih baik lagi,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, yang menghadiri Festival Dongdang di Cijangkar.

 

photo
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melihat kreasi dongdang yang dibuat warga. - (Republika/Riga Nurul Iman)

 

Saat itu, Fahmi juga melihat kreasi dongdang yang dibuat warga. Fahmi juga memberikan hadiah kepada juara lombang dongdang.

Fahmi menilai, Festival Dongdang ini dapat membangun kebersamaan dan kekompakan masyarakat. Ia pun menyampaikan apresiasinya kepada DKM Masjid Al Ikhlas sebagai penyelenggara festival dan seluruh warga yang ikut terlibat. “Mari sambut tahun baru dengan kebahagiaan dan suka cita,” kata Fahmi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement