Rabu 02 Aug 2023 11:53 WIB

Gelanggang Olahraga akan Dibangun di Bogor Barat, Ini Rencana Fasilitasnya

Kebutuhan anggaran pembangunan GOM di Bogor Barat diperkirakan Rp 7 miliar-8 miliar.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.
Foto: Shabrina Zakaria/Republika
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, berencana membangun Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) di wilayah Kecamatan Bogor Barat pada tahun depan. GOM di Bogor Barat ini rencananya dilengkapi berbagai fasilitas olahraga yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Estimasi anggarannya sekitar Rp 7 miliar sampai Rp 8 miliar,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Selasa (1/8/2023).

Dedie mengatakan, Pemkot Bogor mulai melakukan persiapan teknis dengan meninjau lahan lokasi pembangunan GOM, agar prosesnya nanti tidak terhambat. Rencananya pembangunan GOR Bogor Barat diteruskan pada tahun anggaran 2024.

“Kita meninjau terkait dengan jalan akses yang harus kita siapkan, supaya nanti proses pembangunan paling tidak (mengantisipasi) untuk masalah pengangkutan material dan alat-alat beratnya,” kata Dedie.

Menurut Dedie, secara garis besar konsep GOM di Bogor Barat ini tak jauh berbeda dengan GOM di Kecamatan Bogor Selatan dan Utara. GOM di Bogor Barat rencananya dilengkapi fasilitas lapangan tertutup, yang antara lain bisa digunakan untuk badminton dan basket.

Selain itu, rencananya ada fasilitas lapangan sepak bola. “Bentuknya mungkin mini soccer plus ya karena lahannya cukup memadai. Ini ada satu setengah hektaran yang bisa bersebelahan dengan GKI Pengadilan Bogor Barat,” ujar Dedie.

Ihwal kemungkinan adanya food court di GOM Bogor Barat, Dedie mengatakan, bisa dipertimbangkan sebagai sarana penunjang. “Itu kan sarana penunjang, selalulah ya, nanti kita pikirkan untuk meningkatkan juga ekonomi masyarakat,” kata dia.

Dedie mengatakan, Pemkot Bogor membangun GOM untuk meningkatkan aktivitas olahraga masyarakat, sebagai penunjang kesehatan. Menurut dia, GOM ini juga nantinya bisa menjadi sarana pendukung untuk agenda Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2026.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement