Senin 21 Aug 2023 19:51 WIB

BIJB Beroperasi Penuh Oktober, Polres Majalengka Siap Tingkatkan Pengamanan

Polres Majalengka saat ini mendapatkan penambahan 25 personel dari Polda Jabar.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Pesawat Airbus A340-212 bekas Angkatan Udara Prancis di Bandara Kertajati, Jawa Barat.
Foto: Dok @Ikutzuki
Pesawat Airbus A340-212 bekas Angkatan Udara Prancis di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan beroperasi secara penuh mulai Oktober 2023. Untuk itu, jajaran Polres Majalengka siap mengamankan kawasan tersebut.

Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto mengungkapkan, hingga kini belum ada polsek khusus bandara. Karena itu, pihaknya akan menambah personel untuk melakukan pengamanan di bandara.

‘’Kami memastikan pengamanan di bandara akan ditingkatkan melalui penambahan personel meski belum ada polsek khusus,’’ kata Indra, saat ditemui di Mapolres Majalengka, Senin (21/8/2023).

Polres Majalengka saat ini mendapatkan penambahan 25 personel dari Polda Jabar. Selain di BIJB Kertajati, para personel itu juga akan diproyeksikan ke lokasi-lokasi lain yang membutuhkan penambahan pengamanan dari pihak kepolisian. Di antaranya, jalur Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu).

Pihak kepolisian dan jajaran direksi BIJB Kertajati pun telah bertemu untuk membahas sistem pengamanan saat bandara beroperasi penuh. Rencananya, Polres Majalengka dan BIJB Kertajati akan menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) mengenai hal tersebut.

‘’MoU ini akan dilaksanakan secepatnya sebelum BIJB Kertajati mulai beroperasi penuh pada Oktober 2023 mendatang,’’ terang Indra.

Seperti diketahui, seluruh penerbangan komersil dari Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dipindahkan ke BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, mulai 29 Oktober 2023.

Executive General Manager BIJB Kertajati, Nuril Huda, menjelaskan, 29 Oktober 2023 sengaja dipilih untuk rencana pemindahan penerbangan komersil dari Bandara Husein Sastranegara.

‘’Alasannya, karena tanggal tersebut merupakan dimulainya musim winter,’’ ujar Nuril, saat ditemui di BIJB Kertajati, Kabupaten Majalengka, pekan kemarin.

Nuril pun memastikan, seluruh sarana dan prasarana di BIJB Kertajati sudah siap menyambut pemindahan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement