Selasa 22 Aug 2023 10:57 WIB

Kapolsek: Api Masih Menyala di TPA Sarimukti

Dugaan awal, api pemicu kebakaran di TPA Sarimukti disebut dari puntung rokok.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran gunungan sampah di zona empat TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
Foto: Istimewa
Kebakaran gunungan sampah di zona empat TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, dikabarkan masih terjadi hingga Selasa (22/8/2023) pagi. Api yang menyala di area gunungan sampah itu menimbulkan asap.

Sebelumnya dikabarkan terjadi kebakaran di zona empat TPA Sarimukti sejak Sabtu (19/8/2023). “Api masih menyala perlahan, sehingga masih menimbulkan asap,” kata Kepala Polsek (Kapolsek) Cipatat AKP Kusmawan, saat dikonfirmasi, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga

Untuk menangani kebakaran di area TPA itu, Kapolsek mengatakan, petugas menyemprotkan air dari kendaraan pemadam kebakaran (damkar). Selain itu, petugas disebut membuat parit sebagai pembatas agar api tidak merembet ke area lain.

Ihwal pemicu kebakaran di TPA Sarimukti, Kapolsek mengatakan, sementara ini diduga api berasal dari puntung rokok. “Dugaan awal dari percikan puntung rokok,” katanya.

Menurut Kapolsek, sampah yang menggunung di TPA Sarimukti menimbulkan bahan gas, sehingga dapat terbakar ketika ada percikan api. “Ditambah cuaca musim kemarau,” kata Kapolsek. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement