Jumat 25 Aug 2023 18:55 WIB

Sempat tak Terawat, Pemkab Ciamis Perbaiki Puskesmas Pembantu Cintanagara

Pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan hal mendasar bagi pemerintah.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya usai meresmikan Puskesmas Pembantu Cintanagara di Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jumat (25/8/2023).
Foto: Dok. Humas Pemkab Ciamis
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya usai meresmikan Puskesmas Pembantu Cintanagara di Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jumat (25/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meresmikan kembali operasional Puskesmas Pembantu (Pustu) Cintanagara di Desa Cintanagara, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jumat (25/8/2023). Pustu yang dilaporkan sempat tak terawat beberapa bulan silam, kini telah bisa kembali beroperasional.

Herdiat mengatakan, perbaikan Pustu Cintanagara itu merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis untuk mengoptimalkan fasilitas kesehatan. Pasalnya, pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan hal mendasar bagi pemerintah.

“Ini merupakan pembangunan Non-Fisik yang menfaatnya tidak akan terasa secara langsung, tetapi akan terasanya di masa yang akan datang,” kata dia, melalui siaran pers, Jumat. 

Ia juga mengingatkan para petugas kesehatan agar terus termotivasi dan bersemangat menjalankan tugasnya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi, Gedung Pustu Cintanagara saat ini telah dapat digunakan secara optimal. 

“Semoga gedung puskesmas pembatu ini dapat dimanfaatkan secara optimal, dalam memberikan layanan bagi masyarakat Cintanagara dan sekitarnya,” kata dia.

Sebelumnya, bangunan Pustu Cintanagara sempat dilaporkan rusak parah. Alhasil, pelayanan kesehatan di Desa Cintanagara dan sekitarnya menjadi terhambat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Yoyo, mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan itu adalah dengan menghidupkan kembali pelayanan kesehatan di Desa Cintanagara.

“Di Pustu Cintanagara juga akan dipergunakan untuk sarana pelaksanaan posyandu primer, dan pelayan kesehatan lainnya,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement