Kamis 21 Sep 2023 23:20 WIB

Sapi 500 Kg Masuk Sumur di Bogor, Upaya Evakuasi Sampai Dua Jam

Petugas Damkar kesulitan untuk mengeluarkan sapi dari dalam sumur.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Sapi masuk sumur.
Foto: dok. Istimewa
(ILUSTRASI) Sapi masuk sumur.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Seekor sapi milik warga tercebur sumur di Kelurahan Kebonpedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Berat sapi dan kondisi medan menyulitkan petugas pemadam kebakaran (damkar) melakukan upaya evakuasi.

Sapi yang masuk ke sumur itu beratnya dikabarkan sekitar 500 kilogram (kg) atau lima kuintal. Komandan Regu Rescue Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bogor M Nasrun menjelaskan, warga setempat meminta pertolongan kepada petugas setelah sekitar dua jam sapi itu di dalam sumur.

Baca Juga

“Medan evakuasi memang agak sulit. Pertama, posisi sapi itu kepalanya di bawah, sedangkan badan belakang itu ke atas,” kata Nasrun kepada wartawan, Kamis (21/9/2023).

Saat akan dievakuasi, kondisi sapi disebut sudah mati. Nasrun menjelaskan, untuk mengeluarkan sapi itu dari dalam sumur dibutuhkan alat tripod dan sling mobil. Petugas damkar pun dibantu warga untuk mengevakuasi sapi. 

“Bobot sapinya itu lima kuintal. Kita menggunakan metode tripod. Kemudian ditarik menggunakan mobil kita dengan sling, diangkat secara manual. Dibantu warga juga,” kata Nasrun.

Menurut Nasrun, sapi yang sudah mati itu dipotong menjadi dua bagian agar lebih memudahkan untuk diangkat. “Jadi, harus kita potong karena posisinya sudah mati. Karena, kalau tidak dipotong, dua tripod kita enggak muat, jadi sudah mentok. Kurang lebih dua jam evakuasinya karena medannya agak sulit,” kata Nasrun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement