Ahad 15 Oct 2023 07:28 WIB

Wali Kota Depok Apresiasi Lomba Baca Sirah Nabi Tingkat Nasional

Lomba Baca Sirah Nabi bertujuan membantu meningkatkan budaya membaca masyarakat.

Wali Kota Depok KH Mohammad Idris (tengah) secara simbolis memberikan 500 buku Jalan Nabi secara gratis kepada para anak yatim dan dhuafa, yang berasal dari panti asuhan dan ponpes di sekitar Kota Depok, Jawa Barat, di sela-sela lomba membaca sirah nabi bertema Semua Membacanya di Pribadi Premiere School Depok, Jawa Barat.
Foto: dokpri
Wali Kota Depok KH Mohammad Idris (tengah) secara simbolis memberikan 500 buku Jalan Nabi secara gratis kepada para anak yatim dan dhuafa, yang berasal dari panti asuhan dan ponpes di sekitar Kota Depok, Jawa Barat, di sela-sela lomba membaca sirah nabi bertema Semua Membacanya di Pribadi Premiere School Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok KH Mohammad Idris memberikan apresiasi dan dukungannya atas penyelenggaraan lomba literasi membaca sirah Nabi yang diadakan oleh Pribadi Premiere School Depok, Jawa Barat, bersama dengan Majalah Mata Air. Lomba bertaraf nasional 'Semua Membacanya' ini digelar rutin setiap tahun dan diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, atas nama pribadi dan pemerintah kota Depok saya ucapkan rasa terima kasih kepada sekolah Pribadi Premiere School yang telah menggelar kegiatan lomba membaca sirah nabi tingkat nasional ini," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Jumat (13/10/2023).

Menurutnya, lomba membaca sirah nabi atau sejarah kehidupan nabi ini selain memupuk kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, juga agar lebih mengenal bagaimana akhlak nabi dalam kehidupan sehari-hari yang begitu mulia dan menjadi teladan bagi seluruh umat manusia. Di sisi lain, membaca sirah nabi ini merupakan upaya meningkatkan literasi masyarakat dengan membaca buku.

"Jadi ini adalah upaya yang positif meningkatkan literasi anak-anak didik kita dan juga masyarakat, dengan cara membaca dan juga bercerita. Apalagi yang dibaca dan diceritakan adalah tentang sosok manusia teladan baginda Nabi Muhammad SAW," katanya.

 

Wali Kota Depok juga berharap agar kegiatan semacam ini bisa menular dan dilakukan oleh lembaga pendidikan lainnya. Hal ini untuk meningkatkan literasi masyarakat, apalagi momentumnya bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Sekolah SD-SMP-SMA Pribadi Premiere School, Husen Abdillah, menyatakan lomba literasi membaca buku tingkat nasional 'Semua Membacanya 2023' bertujuan membantu meningkatkan budaya membaca masyarakat Indonesia. Juga mencontoh kisah teladan, akhlak mulia, dan pengajaran-pengajaran yang disampaikan Nabi Muhammad SAW bagi umat manusia.

"Untuk tahun sebelumnya selain membaca dan bercerita juga ada kegiatan menulis, untuk kali ini kita kembali ke format awal yakni bercerita," katanya.

Pendaftaran lomba ini juga diperpanjang untuk menarik lebih banyak peserta untuk ikut serta. Sejauh ini sudah sebanyak 3.000 peserta yang terdaftar dalam kegiatan yang digelar hasil kolaborasi Pribadi Premiere School, Majalah Mata Air, dan Dinas Sosial Kota Depok ini.

"Alhamdulillah sudah tembus 3.000-an peserta dan Insya Allah akan bertambah lagi karena pendaftaran masih dibuka," ungkap Husen.

Sedangkan untuk penilaian lomba ini akan dilaksanakan pada 12 November 2023, dan digelar secara daring.

Husen Abdillah menambahkan, dalam penyelenggaraan kegiatan lomba ‘Semua Membacanya 2023’, sekolah unggulan Pribadi Premiere School menggandeng Dinas Sosial Kota Depok memberikan 500 buku ‘Jalan Nabi’ secara gratis kepada para anak yatim dan dhuafa, yang berasal dari panti asuhan dan ponpes di sekitar Kota Depok, Jawa Barat.

Penyerahan buku ini dilakukan oleh Wali Kota Depok KH Mohammad Idris didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Depok, drg. Asloe’ah Madjri, Kepala Sekolah SD-SMP-SMA Pribadi Premiere School, Husen Abdillah, juga GM Pribadi Premiere School Fatih Pasaoglu.

"Kami juga rutin menyalurkan berbagai bantuan dan CSR kepada masyarakat sekitar, selain itu kami membantu untuk pendirian usaha laundry bagi panti asuhan, usaha akikah, dan lainnya," ujarnya.

Bantuan itu berasal dari penggalangan dana yang dilakukan oleh siswa, orang tua siswa, guru, staff dan karyawan Sekolah Pribadi Depok. Hal itu sangat penting untuk menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama dan juga membangun karakter yang baik bagi anak didik.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas CSR yang diberikan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang bergerak untuk anak-anak telantar dan Yatim Piatu. Kami harapkan kegiatan ini terus ada kelanjutannya dan menjadi terus berkah," kata Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Asloe’ah Madjri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement