Selasa 24 Oct 2023 15:00 WIB

Bupati Dadang Supriatna Kembali Raih Penghargaan Nasional dari Menteri Lingkungan Hidup

Ini penghargaan ke-210 yang diraih Dadang Supriatna selama 2,5 tahun jadi bupati.

Bupati Dadang Supriatna memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Pembina ProKlim Terbaik Tingkat Nasional 2023.
Foto: Pemkab Bandung
Bupati Dadang Supriatna memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Pembina ProKlim Terbaik Tingkat Nasional 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Bandung Dadang Supriatna kembali mengukir prestasi tingkat nasional. Kali ini Bupati Dadang Supriatna memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Pembina ProKlim Terbaik Tingkat Nasional 2023.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Ini menjadi penghargaan ke-210 bagi Bupati Dadang Supriatna selama 2,5 tahun menjabat sebagai Bupati Bandung. Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup ini juga menjadi penghargaan kedua kalinya bagi Dadang Supriatna, setelah tahun 2022 lalu memperoleh penghargaan serupa.

Bupati Dadang Supriatna mengaku sangat bersyukur karena diganjar penghargaan tersebut. Dadang dinilai KLHK berhasil melakukan pembinaan dengan langkah-langkah konkret dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. 

photo
Bupati Dadang Supriatna memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Pembina ProKlim Terbaik Tingkat Nasional 2023. - (Pemkab Bandung)

 

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya apresiasi oleh 17 kampung di Kabupaten Bandung yang dinilai berhasil melakukan langkah-langkah konkret untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan ketahanan lingkungan, dan membangun adaptasi terhadap perubahan iklim.

"Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Ibu Menteri yang telah memberikan saya penghargaan ini. Ini tentu sebuah kebanggaan buat masyarakat Kabupaten Bandung," kata Dadang Supriatna usai menerima penghargaan.

Sebagai informasi, Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Program ini memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah melakukan inisiatif dan kontribusi nyata dalam upaya dalam mengatasi perubahan iklim di tingkat tapak, seperti di tingkat desa atau kampung.

Dalam upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, Bupati Bandung telah mengeluarkan berbagai strategi dan kebijakan dalam rangka mendukung mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Bupati diantaranya mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup), Surat Edaran dan kebijakan lain yang mengatur perbaikan iklim di Kabupaten Bandung.

"Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi spirit bagi kita untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan perbaikan iklim di Kabupaten Bandung," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Pria yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung itu tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabpaten Bandung, seluruh OPD Pemkab Bandung, para ASN dan masyarakat Kabupaten Bandung yang selama ini bersama-sama berusaha meningkatkan kualitas lingkungan masing-masing.

"Ini membuktikan kerja keras bersama seluruh jajaran Forkopimda, para Kepala OPD, ASN dan berbagai elemen masyarakat Kabupaten Bandung. Alhamdulillah penghargaan ini saya persembahkan bagi semuanya," kata orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement