Senin 30 Oct 2023 22:56 WIB

Empat Desa di Karawang Terdampak Asap Kebakaran TPA Jalupang

Masker dibagikan kepada warga yang tempat tinggalnya di sekitar TPA Jalupang.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penanganan kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.
Foto: ANTARA/HO-BNPB
(ILUSTRASI) Penanganan kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dilaporkan berdampak terhadap warga sekitar. Asap kebakaran masuk ke permukiman warga.

“Sedikitnya empat desa, yakni Wancimekar, Pangulah Utara, Pucung, dan Desa Pangulah Baru, terdampak kabut asap akibat kebakaran,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Ferry, dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).

Baca Juga

Ferry mengatakan, pihaknya sudah membagikan masker kepada warga yang terdampak asap kebakaran TPA. Masker juga diberikan kepada petugas yang melakukan pemadaman. “BPBD sudah mendistribusikan masker di lokasi dan warga sekitar yang terdampak polusi asap,” katanya.

Kebakaran di area TPA Jalupang, yang ada Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, itu dilaporkan terjadi sejak Sabtu (28/10/2023) siang. Hingga Senin ini, petugas gabungan masih melakukan penanganan api di tempat pembuangan sampah itu.

“Di bawah permukaan api masih tetap menyala. Sementara, tim pemadam dan Satgas BPBD masih terus berupaya memadamkan api,” kata dia.

Untuk menangani kebakaran, Ferry mengatakan, dua alat berat dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang sudah dikerahkan ke lokasi. “Kendala petugas sendiri karena asap tebal dan minimnya alat berat, serta mesin pompa apung untuk menyuplai air yang masih kurang,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement