Rabu 08 Nov 2023 15:05 WIB

Pemkab Garut Sosialisasikan Nama Baru untuk 27 Jalan

Nama para tokoh disiapkan untuk jalan di Garut yang belum bernama atau jalan baru.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kabupaten Garut.
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, akan melakukan penamaan untuk 27 jalan. Peresmian nama baru itu rencananya dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2023.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut Asep Jaelani menjelaskan, penamaan dilakukan untuk ruas jalan baru atau jalan yang selama ini belum memiliki nama. “Selama ini kan ada jalan yang belum ada namanya. Contoh, jalan arah ke Samarang, itu belum ada nama. Kami kasih penamaan baru,” kata Asep, saat dikonfirmasi Republika.co.id, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga

Menurut Asep, nama untuk 27 jalan itu akan diambil dari nama para tokoh, seperti tokoh pendidikan, pahlawan, dan ulama. Saat ini, Pemkab Garut menyosialisasikan kepada para camat dan kepala desa mengenai rencana penamaan 27 jalan itu.

Setelah itu disosialisasikan juga kepada masyarakat di masing-masing wilayah. “Jadi, mereka sudah tidak asing lagi, yang dulunya jalan tidak punya nama, sekarang ada namanya sendiri,” ujar Asep.

Pemkab Garut menggelar rapat dengar pendapat dalam rangka membahas penamaan jalan, yang dilakukan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Selasa (7/11/2023).

Sebagaimana ketentuan Pasal 12 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Garut Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan dan Sarana Umum, dalam menetapkan atau mengubah nama jalan dan sarana umum harus memperhatikan saran dan pendapat para pemangku kepentingan.

Menurut Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Garut Bambang Hafidz, kegiatan itu sekaligus untuk menyosialisasikan kepada para camat dan kepala desa yang jalan di wilayahnya akan dilakukan penamaan baru. “Bukan perubahan ya, penamaan jalan baru, yang nanti akan ditetapkan oleh bupati,” kata dia.

Bambang mengharapkan para camat dan kepala desa dapat memahami proses penamaan jalan di wilayahnya. Menurut dia, rencananya penamaan 27 jalan ini diresmikan pada 10 November mendatang. “Hasil dari sini para camat dan kepala desa diharapkan dapat menyosialisasikan kembali kepada masyarakat,” katanya.

Berdasarkan informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, 27 tokoh yang akan dijadikan nama jalan di Kabupaten Garut, antara lain KH Ahmad Nahrowi, Letjen H Mashudi, Rd Gahara Wijaya Suria (Bupati ke-13), Dr Ir Andung A Nitimiharja, KH Yusuf Tauzirie, Kolonel H Aboeng Koesman, dan Pangeran Papak.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement