Senin 11 Dec 2023 20:05 WIB

Promosi Bandara Kertajati, Disparbud Jabar Kunjungi Sejumlah Provinsi, Termasuk Bali

Diharapkan Bandara Kertajati dimanfaatkan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Bandar Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus berupaya mempromosikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang ada di Kertajati, Kabupaten Majalengka. Untuk mempromosikan Bandara Kertajati, Disparbud Jabar menyambangi sejumlah provinsi.

Kepala Disparbud Provinsi Jabar Benny Bachtiar mengatakan, kegiatan promosi Bandara Kertajati ini merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dengan berkolaborasi bersama pemangku kepentingan terkait. Pada 9-10 Desember lalu, misalnya, promosi dilakukan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Baca Juga

Menurut Benny, bandara di Bali tersebut dipilih sebagai lokasi promosi karena merupakan pintu masuk wisatawan domestik, juga mancanegara. “Kami sangat berkepentingan sekali mempromosikan Bandara Kertajati kepada wisatawan yang hadir di Bali, untuk memperpanjang wisata mereka di Jawa Barat melalui direct flight dari Ngurah Rai ke Kertajati, yang sudah beroperasi rutin tiga kali sehari,” ujar dia, Senin (11/12/2023).

Dalam melakukan promosi Bandara Kertajati di Bali, Benny mengatakan, dihadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya Airport Commercial Marketing Senior Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai (AP I) Jadid Abraham, Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda, dan Direktur Utama BIJB Muhamad Singgih.

Selain itu, Kepala Bidang Perkeretaapian dan Pengembangan Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jabar Dhani Gumelar, serta musisi dari band Superman is Dead, Eka Rock. “Sebelumnya kegiatan serupa telah berlangsung di Sumatra dan Kalimantan,” kata Benny.

Promosi Bandara Kertajati digencarkan setelah dioperasikan secara penuh pada akhir Oktober 2023. Benny mengatakan, untuk mengenalkan masyarakat dengan Bandara Kertajati, Pemprov Jabar menyediakan tiket gratis moda transportasi, dengan rute Bandung, Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.

Menurut Benny, berbagai layanan pun disiapkan untuk meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat di Bandara Kertajati. Ada juga layanan welcome drinkquiz, podcast, serta tersedia merchandise.

Diharapkan makin banyak yang memanfaatkan layanan penerbangan Bandara Kertajati, termasuk para wisatawan. “Banyak yang sudah mulai tahu terkait Kertajati dan mendapatkan pengalaman baru. Oleh karena itu, kami terus mempersiapkan agar apa yang diinginkan wisatawan bisa terpenuhi,” kata Benny.

Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda mengatakan, BIJB diharapkan menjadi bandara unggul yang meningkatkan konektivitas dan turut mendorong perekonomian, khususnya di Jabar.

“Hadirnya BIJB, diharapkan seluruh masyarakat dapat terbang melalui Jawa Barat, di mana Kertajati menjadi kebanggaan Jawa Barat. Ke depannya juga akan ada program kerja sama, di mana yang memiliki tiket atau boarding pass penerbangan ke Kertajati, maka akan mendapatkan diskon promo yang menarik,” ujar Nuril. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement