Jumat 15 Dec 2023 17:10 WIB

Wisata Edukasi Religi Kertajati Umroh Park akan Dihadirkan di Majalengka

Total luas tanah Kertajati Umroh Park Majalengka sekitar 9,3 hektare. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab Majalengka dan PT Fitra Amanah Wisata terkait rencana pembangunan Kertajati Umroh Park di Kabupaten Majalengka, Kamis (14/12/2023).
Foto: Fitra Amanah Wisata
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab Majalengka dan PT Fitra Amanah Wisata terkait rencana pembangunan Kertajati Umroh Park di Kabupaten Majalengka, Kamis (14/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Destinasi wisata religi Kertajati Umroh Park akan dibangun di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tempat itu akan dijadikan wisata edukasi bagi masyarakat, khususnya calon jamaah haji dan umroh.

Rencana pembangunan Kertajati Umroh Park itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka dan PT Fitra Amanah Wisata. Perjanjian itu ditandatangani Bupati Majalengka Karna Sobahi di lokasi dekat area pembangunan di wilayah Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga

Ketua Kerja Sama Pemanfaatan Barang Milik Daerah (KSP BMD) Kabupaten Majalengka Wawan Sarwanto menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerja sama itu untuk menjalin kesepahaman bersama antara Pemkab Majalengka dengan PT Fitra Amanah Wisata dalam pembangunan dan pengelolaan Kertajati Umroh Park.

Setelah ditandatanganinya perjanjian kerja sama tersebut, diharapkan pembangunan Kertajati Umroh Park Majalengka segera terealisasi, berikut sarana dan prasarana pendukungnya. Realisasi itu diharapkan terwujud dalam jangka waktu paling lama dua tahun setelah semua perizinan didapatkan.

“Rencana investasi pembangunan Kertajati Umroh Park Majalengka tersebut senilai Rp 50 miliar, dengan masa kerja sama pemanfaatan selama 30 tahun. Adapun kontribusi terhadap pendapatan asli daerah dalam kurun waktu 30 tahun tersebut senilai Rp 22.317.600.000,” kata Wawan.

Direktur PT Fitra Amanah Wisata, Tomi Tris, menjelaskan, total luas tanah untuk Kertajati Umroh Park Majalengka itu sekitar 9,3 hektare. Menurut dia, sekitar empat hektare akan dipergunakan terlebih dahulu. Adapun daya tampungnya diperkirakan sekitar seribu orang.

“Kertajati Umroh Park Majalengka itu nantinya akan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya calon jamaah haji dan umroh,” ujar Tomi.

Di lokasi tersebut rencananya ada replika atau miniatur Ka’bah, beserta sarana lainnya yang menggambarkan tentang keadaan di Makkah. Hal tersebut diharapkan dapat lebih memberikan pengetahuan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh di tanah suci. “Jadi, intinya kami memberikan edukasi kepada para calon jamaah ibadah haji dan umroh,” ujar Tomi.

Bupati Majalengka Karna Sobahi menyambut baik rencana pembangunan destinasi wisata edukasi religi Kertajati Umroh Park. Menurut dia, selain menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat Majalengka maupun dari luar daerah, destinasi wisata itu dapat berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Majalengka.

“Untuk itu, kami harus bantu dulu proses awal ini supaya mudah dan murah, sehingga nanti dalam proses pembangunannya lancar. Setelah itu, kita juga adakan lagi kerja sama pemanfaatan untuk menghadirkan masyarakat, baik itu calon jamaah haji dan umroh, para peserta didik sekolah, sehingga tempat ini akan menjadi pusat edukasi manasik bagi masyarakat,” ujar Bupati. 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement