Selasa 19 Dec 2023 13:08 WIB

Bupati Bandung Buka Kejuaraan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023

Kejuaraan digelar di Indoor Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka Kejuaraan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023 di Indoor Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.
Foto: Dok. Pemkab Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka Kejuaraan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023 di Indoor Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka Kejuaraan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023 di Indoor Stadion Si Jalak Harupat Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, belum lama ini. Kejuaraan tersebut diselenggarakan oleh Nasional Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Bandung.  

Pada pelaksanaan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023 itu, dengan tagline 'Saatnya Disabilitas Untuk Berprestasi'. Ia berharap dalam pelaksanaan kejuaraan multievent itu bisa berjalan lancar, sehat, serta sukses dan juga menghasilkan atlet-atlet yang tentunya akan dipersiapkan dalam kegiatan tahun 2024 mendatang, yaitu pada pelaksanaan multi event olahraga Nasional Disabilitas Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) XVII di Medan, Sumatera Utara tahun 2024 mendatang. Selain menghadapi Event Peparda (Pekan Paralimpik Daerah) VII Jabar tahun 2026 mendatang di Kota Bogor. 

Baca Juga

Dadang turut mengapresiasi para atlet NPCI Kabupaten Bandung yang sudah berprestasi di Peparda VI Jawa Barat 2022 Kabupaten Bekasi. Berharap pada event Peparda Jabar tahun 2026, para atlet NPCI Kabupaten Bandung meraih juara umum. 

"Mudah-mudahan atlet-atlet andalan NPCI Kabupaten Bandung ini bisa merebut kejuaraan di tingkat nasional maupun tingkat provinsi," kata Dadang, dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Ia juga sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan Kejuaraan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023 tersebut, khususnya kepada Ketua NPCI Kabupaten Bandung Seni Aprilianty dan panitia pelaksana. Ia berharap sejumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan ini betul-betul bisa dilaksanakan secara fair. 

"Kemenangan bukan tujuan utama. Tapi disini adalah kebersamaan, persaudaraan dan tentunya rasa empati dan juga soliditas NPCI Kabupaten Bandung," katanya.  

Dadang juga mengatakan, Dewan Pembina dan juga Ketua NPCI Kabupaten Bandung dan para pelatih, yang mana sudah mengawal proses kegiatan kejuaraan tersebut. 

"Bahwa atlet-atlet dari NPCI ini kurang lebih sekitar 500 orang. Mudah-mudahan nanti setiap event atau kegiatan atau latihan yang dilaksanakan betul-betul bisa menghasilkan. Saya sangat hormat terhadap para pelatih dengan kekompakannya, termasuk para orang tua dan semuanya dinilai sangat luar biasa," kata Dadang.

Melalui kegiatan Kejuaraan Multievent Disabilitas Bupati Cup 2023, kata Bupati Bandung akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan membanggakan untuk nama baik Kabupaten Bandung. Ia pun memberikan support anggaran untuk NPCI Kabupaten Bandung untuk pembinaan atlet. 

Ia mengungkapkan bahwa para atlet di bawah naungan NPCI maupun KONI Kabupaten Bandung tidak ada perbedaan dan semua memiliki hak yang sama. 

"Saya perintahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung mulai Januari 2024, para atlet NPCI dan atlet KONI akan diberikan BPJS Ketenagakerjaan," katanya. 

Ia menjelaskan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, apabila mengalami kecelakaan semua biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS dan apabila meninggal dunia ahli warisnya mendapatkan santunan Rp 42 juta.

"Kau sudah tiga tahun berturut-turut ada tambahan untuk anak-anaknya kuliah. Ini diberikan kepada atlet-atlet Kabupaten Bandung. Tapi kita mendoakan semuanya panjang umur dan sehat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement