Jumat 05 Jan 2024 18:26 WIB

Pj Bupati Majalengka Minta KPU Antisipasi Bencana di Lokasi TPS

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 diperkirakan masih musim hujan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi.
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Penjabat (Pj) Bupati Majalengka Dedi Supandi mengingatkan akan potensi bencana saat musim hujan. Termasuk pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024, yang akan berlangsung Februari mendatang.

Terkait hal itu, Dedi meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka untuk melakukan antisipasi bencana di lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Khususnya di daerah yang rawan terdampak bencana saat musim hujan.

Baca Juga

“Kami sudah menyampaikan ke KPU untuk menginventarisasi TPS rawan bencana karena diprediksi pelaksanaan pemilu masih musim hujan,” kata Dedi.

Hal itu disampaikan Dedi saat menerima kunjungan jajaran KPU Kabupaten Majalengka yang baru di Pendopo Bupati Majalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). Menurut Dedi, kewaspadaan terhadap potensi bencana diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk adanya korban. 

Dedi mengatakan, mitigasi dibutuhkan di setiap TPS yang dinilai rawan terdampak bencana. Hal itu untuk menjaga keselamatan para petugas penyelenggara pemilu dan juga masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya. Selain itu, juga untuk menjaga logistik pemilu di TPS agar tidak mengalami kerusakan.

Partisipasi pemilih

Dedi juga berpesan soal tingkat partisipasi pemilih. Menurut dia, sukses atau gagalnya pemilu dapat dilihat dari tingkat partisipasi pemilih. Karena itu, ia berharap KPU Majalengka dapat membuat terobosan yang kreatif dan inovatif untuk mengajak masyarakat menggunakan hak suaranya.

Dedi mencontohkan membuat TPS yang unik, sehingga bisa membuat masyarakat tertarik. “Kita berharap partisipasi pada Pemilu 2024, baik pemilihan legislatif maupun presiden, semakin meningkat. Karena itu, harus ada inovasi dan kreativitas, supaya masyarakat semangat datang ke TPS,” kata Dedi.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Majalengka Teguh Fajar Putra Utama menyampaikan soal kesiapan logistik Pemilu 2024. Di antaranya surat suara. KPU Majalengka disebut sudah menerima seluruh surat suara, baik untuk pemilu presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten. “Untuk surat suara Pemilu 2024, kami sudah lengkap,” kata Teguh.

Teguh mengatakan, setiap jenis surat suara Pemilu 2024 untuk Kabupaten Majalengka terdiri atas 998.757 lembar, disesuaikan dengan daftar pemilih tetap (DPT). Kemudian ditambah 21.897 lembar surat suara cadangan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement