Kamis 29 Feb 2024 14:40 WIB

Aksi Pria di Babakan Ciparay Bandung Hendak Bunuh Diri di Tower BTS Berhasil Digagalkan

Korban sudah tiga hari belum mengonsumsi obat penenang sehingga kembali berkeliaran.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pria berinisial I di Jalan Babakan Ciparay, Kota Bandung hendak bunuh diri dengan memanjat tower BTS
Foto: Fauzi Ridwan
Pria berinisial I di Jalan Babakan Ciparay, Kota Bandung hendak bunuh diri dengan memanjat tower BTS

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Aksi seorang pria berinisial I di Jalan Babakan Ciparay, Kota Bandung hendak bunuh diri di tower BTS berhasil digagalkan petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Kamis (29/2/2024). Korban yang diketahui orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berhasil dibujuk untuk turun ke bawah.

Kasi Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung John Erwin mengatakan, petugas menerima laporan tentang orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) hendak bunuh diri dengan cara melompat dari tower BTS. Selanjutnya petugas bergerak ke lokasi untuk mencegah hal itu. "Evakuasi dimulai pada pukul 09.30 WIB, petugas bernegosiasi dan membujuk agar turun dari tower," ujar Jhon, Kamis (29/2/2024).

Baca Juga

Setelah dibujuk untuk turun, ia mengatakan petugas mengikat korban dengan peralatan rescue dan diturunkan secara perlahan. Korban langsung dibawa pihak keluarga ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua Lembang. "Evakuasi berlangsung satu jam 30 menit," kata dia.

Ketua RW 05 Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung Agus Suwarna mengatakan salah satu warga melihat orang yang hendak melakukan percobaan bunuh diri sudah mondar mandir di tower BTS. Selanjutnya korban menaiki tower dan sempat diingatkan warga untuk turun. "Dia tetap naik ke atas dengan unsur ada gangguan jiwa sekitar 5 tahun," kata dia.

 

Agus mengatakan yang bersangkutan sudah tiga hari belum mengkonsumsi obat penenang. Sehingga kembali berkeliaran di luar rumah. Namun, korban tidak pernah melukai orang lain. "Intinya (korban) telat makan obat," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement