Selasa 12 Mar 2024 19:08 WIB

Bagikan Makanan Buka Puasa Gratis, Masjid Salman ITB Sajikan Menu Nusantara Hingga Jepang

Masjid Salman menyajikan menu yang beragam untuk memuliakan jamaah yang berbuka puasa

Pemberian makanan berbuka puasa gratis (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra/wsj.
Pemberian makanan berbuka puasa gratis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah ini, Masjid Salman ITB bersama Rumah Amal Salman menghadirkan program berbagi makanan buka puasa dengan konsep yang unik. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, program berbagi makanan buka puasa kali ini menyajikan pilihan menu yang beragam untuk memuliakan jamaah yang berbuka puasa.

Menurut penanggungjawab program Berbagi Buka Rumah Amal Salman 1445 Hijriyah, Anton Agus Pratomo, program Berbagi Buka tahun ini, menawarkan tema menu berbagai masakan Nusantara dan internasional. Seperti hidangan khas Sunda, Minang, Jawa, Jepang, Cina, Timur Tengah, dan Barat. Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan variasi dan pengalaman baru kepada para jamaah.

Baca Juga

"Kami ingin melayani berdasarkan selera jamaah dengan memperbanyak variasi menu makanan, sehingga jamaah tidak bosan dan tentunya kami ingin memberikan pengalaman baru," ujar Anton, kepada wartawan, Selasa (12/4/2024).

Perubahan konsep ini juga, kata dia, bertujuan untuk mengubah persepsi bahwa ‘tangan di atas lebih mulia'. Penyaluran makanan tidak lagi dilakukan di shaf shalat seperti tahun-tahun sebelumnya. Melainkan, melalui antrean di halaman Masjid Salman ITB. "Beberapa booth makanan telah disiapkan untuk memudahkan distribusi," katanya.

Pada hari pertama, kata dia, sekitar 1.200 porsi makanan berbuka puasa disiapkan. Yakni, terdiri dari 300 porsi makanan hidangan Jepang, 300 porsi hidangan Jawa, dan 600 porsi hidangan Sunda. Semua makanan yang disajikan telah terverifikasi Sehat, Aman, dan Halal (SAH) oleh Lembaga Halal Center Masjid Salman ITB.

"Program ini ditargetkan bisa bermanfaat untuk 45 ribu masyarakat di seluruh Indonesia. Masjid Salman ITB dan Rumah Amal Salman pun bekerja sama dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bandung Raya," katanya.

Dengan tema yang menggugah selera, kata dia, Masjid Salman ITB mengajak masyarakat umum untuk berbuka puasa di tempat tersebut. Nikmati makanan berbuka dengan cita rasa nusantara dan dunia dalam semarak Ramadhan 1445 Hijriyah. Anton berharap, program Berbagi Buka ini menjadi momen yang penuh berkah dan kebersamaan di bulan suci Ramadhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement