REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Ramadhan dan Lebaran menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 60 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen.
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, antara 4 April 2024 - 14 April 2024 di Jawa Barat (Jabar). Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara rata-rata di seluruh Jabar sebesar 13 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadhan.
Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jawa Barat juga mengalami kenaikan trafik antara 24 persen hingga 139 persen seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran. Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 10 persen hingga 18 persen. Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 44 persen.
"Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kuningan, Jabar yaitu mencapai 44 persen. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran," ujar I Gede Darmayusa, dalam keterangannya, Senin (22/4/2024).
Menurutnya, pihaknya bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur panjang Lebaran tahun ini. Karena, pihaknya pun sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan.
"Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem. Seperti yang sudah kami prediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan," paparnya.
Kenaikan trafik secara keseluruhan, kata dia, mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, pihaknya juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.
Sementara menurut Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto, kenaikan trafik secara rata-rata di Jabar ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran. Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. "Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” katanya.
Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Barat selama periode Lebaran 2024 terjadi di:
Kab Kuningan, naik sebesar 44 persen
Kab Tasikmalaya, naik sebesar 43 persen
Kab Pangandaran, naik sebesar 43 persen
Kab Ciamis, naik sebesar 41 persen
Kab Indramayu, naik sebesar 34 persen
Kota Banjar, naik sebesar 28 persen
Kab Garut, naik sebesar 28 persen
Kab Sukabumi, naik sebesar 28 persen
Kab Majalengka, naik sebesar 25 persen
Kab Cirebon, naik sebesar 22 persen
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen. Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen dan Spotify naik 23 persen.
Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk dengan mengerahan 94 mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan dukungan.
Hingga akhir tahun 2023, total jumlah pelanggan di seluruh Jawa Barat mencapai lebih dari 12 juta pelanggan, yang dilayani oleh lebih dari 30.700 BTS, dengan mayoritas BTS 4G, yang telah menjangkau 2.600 desa/kelurahan, 19 kota/kabupaten. Sementara itu, jaringan fixed mobile convergence (FMC) telah menjangkau 13 kota/kabupaten dan akan terus meluas.
Secara nasional, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.