Rabu 24 Apr 2024 13:15 WIB

1.885 Calhaj Asal Indramayu Siap ke Tanah Suci, Ini Jadwal Pemberangkatannya

Para Calhaj asal Indramayu masuk ke dalam Embarkasi Kertajati, terbang lewat BIJB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Para calon jemaah haji saling memijit saat mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Bandung yang diikuti oleh ribuan calon jemaah haji, di Masjid Pusdai Kota Bandung, Jawa Barat
Foto: Edi Yusuf/Republika
Para calon jemaah haji saling memijit saat mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Bandung yang diikuti oleh ribuan calon jemaah haji, di Masjid Pusdai Kota Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU --- Sebanyak 1.885 calon jamaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Indramayu akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun ini. Jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan musim haji 2023, yang mencapai 1.786 orang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu, Effendy menjelaskan, ribuan Calhaj asal Kabupaten Indramayu itu terbagi menjadi lima kloter. Yakni, kloter 7, kloter 19, kloter 25, kloter 26 dan kloter 28. ‘’Mereka akan diberangkatkan ke dalam dua gelombang,’’ ujar Effendy, kepada Republika, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Adapun yang masuk gelombang satu adalah kloter 7. Sedangkan yang masuk gelombang dua adalah kloter 19, 25, 26 dan 28. Menurut Effendy, setiap kloter terdiri dari 440 jamaah. Mereka terbagi menjadi 11 rombongan, dimana setiap rombongan berisi 40 jamaah.

‘’Para calhaj asal Indramayu masuk ke dalam Embarkasi Kertajati, terbang lewat BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) Kertajati Majalengka,’’ kata Effendy.

Effendi menjelaskan, untuk jadwal pemberangkatannya, kloter 7 akan berangkat pada 17 Mei 2024 dan kloter 19 pada 28 Mei 2024. Sedangkan kloter 25, dijadwalkan berangkat pada 4 Juni 2024, kloter 26 pada 5 Juni 2024 dan kloter 28 pada 7 Juni 2024. ‘’Tapi itu masih sementara, mungkin saja nanti berubah,’’ ucap Effendy.

Effendy pun memastikan, segala persiapan untuk pemberangkatan para calon tamu Allah itu sudah dilakukan. Saat ini sudah memasuki tahap bimbingan manasik (bimsik) terakhir tingkat KUA, yang akan dilanjutkan dengan bimsik tingkat kabupaten.

‘’Terakhir, akan ada pembekalan ketua regu serta ketua rombongan dan dilanjut dengan rapat koordinasi dengan pemda dan instansi yang terkait mengenai tekhnis pemberangkatan,’’ kata Effendy

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement