Senin 03 Jun 2024 20:50 WIB

Daihatsu Optimistis Pasar Otomotif Membaik di Semester Kedua 2024

Industri otomotif menghadapi penurunan penjualan pada kuartal pertama tahun 2024.

Rep: Antara, Dedi Junaedi/ Red: Arie Lukihardianti
Acara Daihatsu Kumpul Sahabat yang berlokasi di area Kiara Artha Park digelar akhir pekan lalu
Foto: Dok Republika
Acara Daihatsu Kumpul Sahabat yang berlokasi di area Kiara Artha Park digelar akhir pekan lalu

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Direktur Pemasaran dan Direktur Perencanaan dan Komunikasi Perusahaan PT Astra Daihatsu Motor Sri Agung Handayani optimistis pasar otomotif Indonesia akan membaik di semester kedua 2024.

"Kami berharap dari pencapaian Januari hingga April ini, kita masih ada kuartal kedua dan masih juga ada semester dua rasanya kami sangat optimis pasar masih bisa lebih baik lagi," ujar Sri di sela-sela acara Daihatsu Kumpul Sahabat Bandung di kawasan Kiara Artha Park, Bandung, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Industri otomotif menghadapi penurunan penjualan pada kuartal pertama tahun 2024. Menurut Sri Agung, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pasar otomotif mencatat penurunan penjualan retail sekitar 15 persen dalam periode Januari hingga April, sementara Daihatsu mengalami penurunan sedikit lebih baik, yaitu 14 persen.

Ia mengatakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan penjualan ini, termasuk pelemahan pertumbuhan ekonomi dan dampak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, banyak konsumen yang menunggu kebijakan baru dari pemerintahan yang akan datang sebelum melakukan pembelian besar seperti mobil.

 

Selain itu, kata dia, libur Lebaran yang lebih panjang tahun ini mengurangi jumlah hari kerja efektif, yang juga berkontribusi pada penurunan penjualan. Kenaikan suku bunga sebesar 0,25 poin juga membuat konsumen menunggu kebijakan kredit yang lebih jelas sebelum melakukan pembelian kendaraan.

"Termasuk di dalamnya mungkin yang menjadi pertimbangan pasar itu adalah adanya isu kenaikan dolar itu, jadi industri bergerak. Kurang lebih seperti itu kebijakan yang mungkin mempengaruhi daya beli," kata dia.

Daihatsu sendiri, mengajak pelanggan setia berkumpul bersama dalam menikmati keseruan di akhir pekan lewat acara bertajuk Daihatsu Kumpul Sahabat yang berlokasi di area Kiara Artha Park sebagai ajang berkumpul para pengguna mobil setia Daihatsu. Serta, terbuka untuk masyarakat umum, acara ini sekaligus sebagai wujud apresiasi Daihatsu dalam mendekatkan diri kepada pelanggan setia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap Daihatsu. Semoga acara Kumpul Sahabat ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat kepada pelanggan setia, masyarakat, para pelaku industri kreatif dan UMKM, serta komunitas di Bandung dan sekitarnya. Kami berharap, acara ini dapat menambah keseruan akhir pekan Sahabat bersama keluarga untuk ‘Ngariung’ di Kumpul Sahabat,” papar Sri Agung.

Sebagai rangkaian acara Kumpul Sahabat, kata dia, Daihatsu memilih Bandung menjadi salah satu destinasi. Karena area ini memiliki jumlah penduduk yang cukup tinggi dengan pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang, mendukung kegiatan ekonomi dengan menggandeng para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Salah satu destinasi favorit wisata bagi warga di daerah sekitarnya, serta lokasinya yang relatif terjangkau untuk dikunjungi. 

"Selain itu, Bandung sekaligus merupakan salah satu kontributor pasar otomotif terbesar di Jawa Barat, yakni sebesar 24 persen. Ditambah, masyarakat Bandung memiliki karakter jiwa sosial tinggi, suka ‘ngariung’ atau berkumpul bersama saling bersilaturahmi," katanya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement