Kamis 13 Jun 2024 08:49 WIB

Kabupaten Cirebon Surplus Stok Hewan Kurban Ketersediaan Sapi Hingga 4.200 Ekor

Stok kambing kurban saat ini melebihi jumlah kebutuhan, stoknya 309.000 ekor.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Penjual hewan kurban
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penjual hewan kurban

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon memastikan stok hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha nanti dalam kondisi aman. Bahkan, stok hewan kurban di Kabupaten Cirebon mengalami surplus, baik sapi maupun kambing.

Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya mengatakan, saat ini ketersediaan sapi di Kabupaten Cirebon berjumlah 4.200 ekor. Dari jumlah tersebut, jumlah sapi yang sudah memenuhi syarat sebagai hewan kurban, berjumlah 1.900 ekor. Sedangkan rata-rata permintaan sapi kurban, berada pada kisaran 1.200 ekor.

Baca Juga

‘’Sehingga jumlah sapi kurban di Kabupaten Cirebon dalam kondisi surplus,’’ ujar Wahyu, saat meninjau ketersediaan hewan kurban di Desa Kubang Kecamatan Talun, kemarin.

Hal serupa juga terjadi pada stok kambing kurban. Stok kambing kurban saat ini melebihi jumlah kebutuhan masyarakat di Kabupaten Cirebon. Wahyu mengatakan, saat ini stok kambing di Kabupaten Cirebon berjumlah 309.000 ekor. Sedangkan jumlah kambing yang bisa digunakan sebagai hewan kurban, sebanyak 61 ribu ekor.

 

Sedangkan kebutuhan rata-rata hewan kambing kurban di Kabupaten Cirebon, berada pada kisaran angka 5.600 ekor. ‘’Jadi jumlah kambing kurban di Kabupaten Cirebon juga surplus,’’ kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, selain memastikan stok hewan kurban di Kabupaten Cirebon dalam kondisi aman, pihaknya juga terus memperhatikan masalah kesehatannya. Dinas terkait pun terus melakukan pengawasan untuk memastikan hewan-hewan yang terdistribusi untuk kurban dalam kondisi sehat. Karena hal tersebut mendapatkan pengawasan langsung dari dinas terkait. ‘’Dari dinas terkait terus mengawasi di lapangan, untuk memastikan kesehatan hewan kurban,’’ ungkap Wahyu.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement