Selasa 18 Jun 2024 18:29 WIB

Sekda Jabar Pastikan, Pembersihan Sampah di Jembatan BBS Batujajar Terus Dilanjutkan

Pembersihan sampah, dilakukan ke sampah yang sudah lama terpendam di dasar sungai

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) Herman Suryatman meninjau kondisi Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar
Foto: Dok Republika
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) Herman Suryatman meninjau kondisi Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) Herman Suryatman meninjau kondisi Sungai Citarum di kawasan Jembatan Babakan Sapan (BBS) Batujajar, Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (18/6/2024). 

Pada kesempatan tersebut, Sekda Herman Suryatman berkoordinasi dengan berbagai lintas stakeholders untuk memantau kondisi sungai. Ini dilakukan, untuk memastikan kebersihan sungai dalam kurun satu bulan hingga radius 500 meter ke barat dan timur. 

Baca Juga

"Insyaallah, kita ikhtiarkan. Ini sudah didiskusikan strateginya. Dibutuhkan waktu tambahan tuntas sekitar bulan Juli, bisa clear 1,5 bulan waktunya," kata Herman. 

"Jadi radius 500 meter ke arah barat dan timur kita upayakan akan clear dan satu bulan setengah kita dorong radius lebih dari itu," imbuhnya. 

 

Herman mengatakan, pembersihan Sungai Citarum di bawah Jembatan BBS jenis sampahnya tidak melulu sampah baru, melainkan ada pula sampah yang sudah lama terpendam di dasar sungai. Maka dari itu memerlukan waktu satu bulan untuk mengangkat sampah tersebut. 

"Mengapa perlu wakru satu bulan tambahan karena karakter sampahnya di sektor ini bukan sampah baru saja, relatif banyak itu justru sampah lama yang di dalam, ketika ada angin naik ke atas," katanya. 

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya turut menangani dengan sarana prasarana yang ada. Agar satu pekan ini bersih di area 500 meter ke barat dan timur. Tak hanya itu, kata dia, Pemprov Jabar bersama BBWS Citarum akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk memfilter sampah. 

"Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten kota di Cekungan Bandung," kata Herman.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement