Rabu 21 Aug 2024 19:57 WIB

Perjalanan KA Terganggu Perbaikan Jalan Rel, Ini Kata Daop 3 Cirebon

Selama pelaksanaan pekerjan perbaikan, jalur hilir tidak bisa dilalui

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Pekerja memperbaiki wesel rel kereta api (Ilustrasi)
Foto: FOTO ANTARA/Adeng Bustomi
Pekerja memperbaiki wesel rel kereta api (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon meminta maaf atas gangguan operasional perjalanan kereta api jarak jauh. Kondisi itu terjadi akibat adanya pekerjaan perawatan jalur kereta api pada jalur hilir di KM 157+1/2, antara Stasiun Terisi sampai Kadokangabus di wilayah  Kabupaten Indramayu.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, telah dilakukan pekerjaan perawatan jalan rel sepanjang 100 meter. Pekerjaan itu sudah diatur dengan window time pada jalur hilir di KM 157 + ½, petak jalan antara Stasiun Terisi sampai Stasiun Kadokangabus pada Rabu (21/8/2024).

Baca Juga

Adapun pekerjaan itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan, keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api. ‘’KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dan  terganggunya perjalanan KA, yang mana terjadi keterlambatan perjalanan sejumlah kereta api di wilayah Daop 3 Cirebon,’’ ujar Rokhmad, Rabu (21/8/2024).

Adapun jadwal pelaksanaannya, yaitu pada Rabu (21/8/2024) mulai pukul 04.10 WIB sampai dengan 12.10 WIB. ‘’Pekerjaan yang dilakukan itu meliputi pembongkaran tubuhbaan, perbaikan subgrade ballast, penambahan ballast, pemadatan jalur dan perbaikan geometri jalur untuk memperkuat kestabilan jalan KA,’’ kata Rokhmad.

Dalam kurun waktu pelaksanaan pekerjan perbaikan, jalur hilir tidak bisa dilalui. Untuk itu, KAI Daop 3 Cirebon mengubah pola operasi agar perjalanan KA tidak banyak terganggu dan keselamatan tetap terjaga. Caranya, dengan menggunakan satu jalur sementara. Yakni, jalur hulu dengan pembatasan kecepatan untuk semua perjalanan KA yang melewati jalur tersebut.

Sedangkan jalur hilir, ditutup sementara waktu sampai dengan selesainya pekerjaan  tersebut. ‘’Pada pukul 12.22 WIB, pekerjaan telah selesai dan KA pertama yang melewati  lokasi di KM 157+1/2 yaitu KA Menoreh relasi Semarang tujuan Pasarsenen pukul 12.33 WIB,’’ kata Rokhmad.

Adapun akibat dari pekerjaan tersebut, terdapat keterlambatan beberapa perjalanan KA pada saat melintas di lokasi berkisar tiga sampai empat menit. ‘’KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA,’’ kata Rokhmad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement