Kamis 17 Oct 2024 08:08 WIB

Survei Terbaru Publik Figur di Pilkada KBB Bersaing Ketat, Adik Ipar Raffi Ahmad Unggul?

Hasil survei terbaru petahana masih mendominasi, menyusul pengalaman memimpin KBB.

Salah saatu calon Bupati KBB Hengky Kurniawan
Foto: Istimewa
Salah saatu calon Bupati KBB Hengky Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Pilkada Kabupaten Bandung Barat menjadi ajang penting dalam memilih pemimpin daerah lima tahun ke depan. Kali ini sangat menarik, karena ada lima pasangan calon (Paslon). Bahkan, tiga di antaranya diisi artis nasional.

Tingkat popularitas masing-masing calon bersaing ketat, terlebih tiga pasangan yang diisi public figure. Namun, berdasarkan hasil survei terbaru petahana masih mendominasi, menyusul pengalaman memimpin KBB.

Baca Juga

Menurut Direktur Riset Media dari lembaga survei nasional Median, Ade Irfan, pihaknya melakukan survei sejak 3-10 Oktober 2024 dengan jumlah responden 800 orang dan margin of eror +/-3,39 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, popularitas Petahana Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hengky Kurniawan masih unggul dengan 90,2 persen disusul pendatang baru Jeje Ritchie Ismail 87,1 persen dan Gilang Dirga yang meraih 84,6 persen, Dikdik Agus Triwiyono di angka 61,7 persen. Calon lainnya berada di bawah 50 persen.

Begitupun dengan tingkat keterpilihan (elektabilitas), pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman berada di posisi teratas dengan 24,6 persen, disusul Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari 22,5 persen dan Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail dengan 20,4 persen.

"Sekitar 45,7 persen pemilih sudah mantap dengan pilihan mereka, sementara 38,7 persen masih terbuka untuk perubahan. Ini menunjukkan dinamika pemilih yang masih aktif menjelang pemilihan," ujar Ade, Rabu malam (16/19/2024).

Sebanyak 30 persen responden mengaku memilih pasangan Hengky-Ade Sudrajat karena pengalaman sebagai petahana. Di sisi lain 13,6 persen memilih pasangan Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari karena dianggap agamis, sementara 27,8 persen memilih Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail berkat popularitas dan program kerja yang baik.

"Dari sisi demografi, pemilih laki-laki dan perempuan cenderung memilih pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat, dengan dukungan 23,8 persen dan 25,4 persen masing-masing. Pemilih pemula berusia 17-19 tahun juga menunjukkan dukungan kuat, mencapai 34,4 persen," katanya.

Untuk diketahui, persoalan utama yang dihadapi KBB adalah ekonomi. Angka pengangguran menjadi isu paling mendesak, yakni sebanyak 11,5 persen, diikuti kemiskinan dan kesenjangan sosial 8,7 persen.

Adapun Paslon Bupati-Wakil Bupati yang akan bersaing di Pilkada KBB :

1. Dikdik Agus Triwiyono-Gilanh Dirga Dirgahari

2. Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail

3. Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat

4. Edi Risyandi-Unjang Asari

5. Sundaya-Asep Ilyas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement