Sabtu 03 Apr 2021 11:06 WIB

Gernas BBI, Jabar Gencarkan Promosi Belanja Produk UMKM  

Gubernur Jabar menekankan belanja adalah bela negara.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari (kiri) dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto (ketiga kiri) mengisi acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021).
Foto:

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jabar Kusmana Hartadji menilai, agenda Gernas BBI dan BWI ini dapat menjadi momentum pelaku UMKM agar bisa lebih dikenal di Jabar maupun tingkat nasional. Menurut dia, sekitar 15 ribu UMKM yang dilibatkan dalam kegiatan ini merupakan binaan BI Jabar, Dinas KUK, dan Dekranasda, yang sudah dikurasi.

Ia berharap para pelaku UMKM ini dapat menunjukkan daya saingnya. “Sebetulnya tak hanya dalam event ini saja. UMKM dapat terlibat di tingkat kabupaten/kota karena di beberapa kabupaten/kota kami sudah mengarahkan ada beberapa pameran yang dilakukan, di bawah koordinasi Dinas Koperasi dan juga BI perwakilan,” ujarnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar, Herawanto, mengatakan, berbagai pihak di 27 kabupaten/kota, BI, dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) ikut bergerak dan berkolaborasi dalam upaya membangkitkan UMKM ini. “Jadi, event ini sebulan penuh. Nanti, insyaallah, ada showcase pembelian oleh perbankan kepada UMKM,” ujarnya.

 Herawanto mengatakan, pada April ini BI juga bekerja sama dengan Dekranasda Jabar untuk menggelar agenda Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB). “Pokoknya bulan April ini milik sepenuhnya Provinsi Jabar dalam mendorong kemajuan UMKM karena kami bersama Dekranasda menyelenggarakan KKJB, sebagai bagian tak terpisahkan Gerakan Nasional BBI,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement