Sabtu 25 Mar 2023 09:35 WIB

Pemprov Jabar Perbaiki 7 Ruas Jalan Rusak di Majalengka

Salah satu jalan yang diperbaiki adalah Jalan Raya Sindangwangi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Yusuf Assidiq
Pekerja saat menyelesaikan perbaikan jalan di Jawa Barat (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pekerja saat menyelesaikan perbaikan jalan di Jawa Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya merealisasikan perbaikan tujuh ruas jalan di Kabupaten Majalengka. Salah satu jalan yang sudah diperbaiki adalah Jalan Raya Sindangwangi.

Sebelumnya, semua jalan di sepanjang jalur tersebut mengalami kerusakan. Di wilayah Majalengka, terdapat sedikitnya tujuh ruas jalan yang dilakukan perbaikan dan seluruhnya kewenangan dari Pemprov Jabar pada 2023 ini.

Daftar ruas jalan yang dilakukan perbaikan yakni Jalan Batas Majalengka Cirebon-Cigasong, Jalan Ahmad Yani – Talaga, Jalan Majalengka – Talaga, Jalan Talaga – Cikijing, Jalan Majalengka – Talaga, Jalan Majalengka - Talaha Km 72+500, dan Jalan Batas Majalengka - Sumedang (Krisik) Km Cn 83+000.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menjelaskan, program perbaikan jalan menjadi prioritas di akhir masa jabatan dirinya. Program ini sebenarnya sudah lama diagendakan. Tapi, selama dua tahun banyak pekerjaan tertunda karena anggaran infrastruktur yang tergeser untuk bantuan sosial Covid 19.

"Pada 2023 ini, 71 ruas jalan di Jabar segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek," tulis Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di Instagram pribadinya, Jumat, 24 Maret 2023.

Menurut Emil, pengerjaan terhadap 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemprov Jabar terbagi dalam tiga klasifikasi. Yakni, pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.

Ke 71 ruas jalan dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala. Kebanyakan, kata dia, dari total panjang ruas jalan 353,822 km yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala, pelapisan kembali atau overlay dengan hotmiks.

Dari 69 paket pekerjaan penanganan jalan, 62 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tanggal 19 Februari lalu sudah tayang. "Sebagian besar dari proyek tersebut tentu sudah direaliasikan, salah satunya di Kabupaten Majalengka," kata dia.

Jalan yang mulus di Majalengka tentu menjadi yang diharapkan masyarakat, apalagi sebentar lagi akan masuk arus mudik dan balik Lebaran. Dari laporan beberapa pengendara di Jalan Sindangwangi, kini ruas tersebut kembali mulus setelah dilakukan perbaikan.

"Alhamdulillah. Terima kasih Pak Ridwan Kamil. Sekarang sudah nggak khawatir lagi. Jalan di Sindangwangi sudah mulus," ujar Baehaqi, warga Sindangwangi. Menurut dia, dalam proses pengerjaan perbaikan jalan sempat terjadi kemacetan.

Namun ia beserta pengendara lainnya merasa bersyukur jalanan sudah lancar dan kondisinya menjadi lebih baik. Menurutnya, ruas Jalan Sindangwangi ini bisa digunakan sebagai jalur untuk mudik dari arah Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement