Rabu 05 Apr 2023 21:40 WIB

Polres Ciamis akan Atur Penggunaan Jalur Alternatif saat Arus Mudik

Rencananya jalur alternatif saat arus mudik hanya boleh digunakan siang hari.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pos pengamanan arus mudik.
Foto: Dok. Humas Polres Ciamis.
(ILUSTRASI) Pos pengamanan arus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Polres Ciamis, Jawa Barat, berupaya memastikan kesiapan jalur yang biasa dilintasi pemudik. Selain jalan utama, jalur alternatif pun menjadi perhatian.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan menjelaskan, di wilayah hukum Polres Ciamis ada sejumlah jalur arteri maupun jalur alternatif yang biasa digunakan saat arus mudik maupun balik Lebaran.

Baca Juga

Khusus jalur alternatif, menurut Asep, sebagaimana arahan Polda Jawa Barat (Jabar), rencananya hanya dapat digunakan pemudik pada waktu siang hari. “Karena minimnya penerangan dan petunjuk arah,” kata dia, dalam siaran pers, Rabu (5/4/2023).

Dalam persiapan menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 ini, Polres Ciamis sudah melakukan rapat koordinasi internal. 

Kepala Bagian Operasi Polres Ciamis Kompol Nia Kurnia, pihaknya menyiapkan pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023 untuk pengamanan dan pelayanan selama arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut Nia, Polres Ciamis berencana mendirikan pos pelayanan, pos pengamanan, juga penjagaan dan pengaturan (gatur), yang disebar di sejumlah titik.

Asep menambahkan, berdasarkan hasil analisis, diprediksi arus balik akan lebih tinggi daripada arus mudik di wilayah hukum Polres Ciamis. Terkait hal itu, kata dia, diperlukan perhatian lebih dalam menempatkan personel di lapangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement