Senin 08 May 2023 18:14 WIB

Longsor di Tanjungsari Bogor, Ratusan Warga Mengungsi Sementara

BPBD Kabupaten Bogor mengkhawatirkan longsoran berdampak terhadap rumah warga.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Tanah longsor.
Foto: BPBD Kabupaten Bogor
(ILUSTRASI) Tanah longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Tanah longsor dilaporkan terjadi di wilayah Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mengantisipasi dampak bencana, ratusan warga dikabarkan mengungsi sementara.

Staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin, mengatakan, peristiwa tanah longsor di wilayah Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, itu dilaporkan terjadi pada Ahad (7/5/2023).

Baca Juga

Longsor disebut dipicu hujan deras dengan durasi lama. “Dikarenakan hujan deras yang berdurasi cukup lama, serta kontur tanah yang labil dan terdapat mata air pada titik tersebut, mengakibatkan tebingan longsor,” kata Jalaludin, Senin (8/5/2023).

Jalaludin mengatakan, longsor pada tebing di Desa Buanajaya itu mesti dilakukan penanganan lebih lanjut. “Butuh penanganan lebih lanjut dari pihak terkait, dikhawatirkan longsoran berdampak pada rumah warga,” ujar Jalaludin.

 

Lantaran terjadi tanah longsor, Jalaludin mengatakan, sebanyak 107 kepala keluarga (KK) atau 342 jiwa mengungsi sementara. “Mengungsi di bangunan SDN Cibeureum dan sarana ibadah,” katanya.

Menurut Jalaludin, BPBD Kabupaten Bogor sudah menyalurkan bantuan logistik tanggap darurat bagi warga yang mengungsi. BPBD juga menyiapkan sejumlah kebutuhan dasar pengungsi, seperti tenda.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement