Selasa 04 Jul 2023 16:12 WIB

Petugas Selamatkan Lansia yang Menyeberangi Pelintasan Kereta di Bandung

Warga lansia itu menyeberang saat pintu pelintasan kereta sudah ditutup.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kondisi di pelintasan kereta api kawasan Kiaracondong, Kota Bandung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
(ILUSTRASI) Kondisi di pelintasan kereta api kawasan Kiaracondong, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Seorang warga lanjut usia (lansia) terekam kamera saat menyeberangi pelintasan kereta api di Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat, saat kereta hendak melintas. Beruntung, petugas keamanan di pelintasan sigap menyelamatkan warga lansia tersebut sehingga tidak tertabrak kereta.

Aksi heroik itu dilakukan petugas keamanan pelintasan kereta api bernama Adit Trimasputra. Kejadiannya pada Senin (3/7/2023) malam.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung Mahendro Trang Bawono membenarkan upaya penyelamatan warga lansia yang dilakukan petugas keamanan pelintasan kereta api itu.

Mahendro menjelaskan, awalnya pintu pelintasan di Kiaracondong ditutup karena akan ada dua kereta yang melintas dari jalur berlawanan. Meskipun pintu pelintasan sudah ditutup, ternyata ada warga yang menyeberangi jalur kereta.

 

“Saat pintu pelintasan tertutup, ada seorang lansia yang hendak menyeberang,” kata Mahendro, Selasa (4/7/2023).

Melihat warga lansia itu menyeberangi rel, Mahendro mengatakan, petugas keamanan di sana langsung berupaya melakukan penyelamatan agar pejalan kaki itu tidak tertabrak kereta. 

Setelah warga lansia itu diarahkan keluar dari lintasan, tak lama kemudian kereta melintas. Berdasarkan keterangan yang diperolehnya, warga lansia tersebut diduga tidak awas akan adanya kereta yang hendak melintas.

“Orang tersebut sehat dan tidak ada maksud untuk mengadang kereta api. Mungkin lansia, jadi tidak awas,” ujar Mahendro.

Peristiwa serupa sempat terjadi pada Mei lalu di pelintasan kereta Jalan Laswi, Kota Bandung. Pada Ahad (15/5/2023), petugas keamanan bernama Rangga Novembriantina menyelamatkan seorang pejalan kaki yang menyeberangi rel saat kereta hendak melintas. Saat itu kondisinya pintu pelintasan sudah ditutup.

Aksi heroik itu terekam dalam video, yang kemudian viral di media sosial. Tindakan yang dilakukan Rangga itu mendapat apresiasi dari para warganet, juga dari PT KAI dan Polrestabes Bandung.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement