Jumat 21 Jul 2023 15:06 WIB

Suasana Haru Sambut Jamaah Haji Saat Tiba di Kota Bandung

Sudah empat kloter jamaah haji asal Kota Bandung yang pulang.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Ratusan jamaah haji tiba di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/7/2023).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Ratusan jamaah haji tiba di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Suasana haru terasa saat kedatangan jamaah haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/7/2023). Keluarga dan sanak saudara sudah menanti rombongan jamaah haji asal Kota Bandung dari kelompok terbang (kloter) 48 itu.

Rombongan jamaah haji yang menggunakan bus itu tiba di Kantor Kemenag Kota Bandung sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka langsung disambut pelukan hangat dari anggota keluarga dan sanak saudara. Tangisan haru menyambut kedatangan mereka.

Baca Juga

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Bandung, Didi, menjelaskan, sebelum rombongan jamaah haji kloter 48, sudah ada tiga rombongan dari kloter lain yang kembali ke Kota Bandung.

Alhamdulillah, jamaah haji Kota Bandung sampai saat ini sudah pulang empat kloter pertama, yaitu kloter 16, 27, 36, dan 48,” kata Didi di Kantor Kemenag Kota Bandung, Jumat (21/7/2023).

Menurut Didi, Kota Bandung mendapat kuota jamaah haji tahun ini sebanyak 2.396 orang. Saat masa pemberangkatan, ada tambahan kuota, sehingga menjadi 2.573 orang.

Didi mengatakan, masih ada lagi tiga kloter jamaah haji asal Kota Bandung yang dijadwalkan akan pulang, yaitu kloter 58, 64, dan 70. “Tiga kloter lagi jadwal untuk sementara akan datang kloter 58 hari Rabu depan, kloter 64 Sabtu, dan kloter 70 Selasa,” kata dia.

Saat proses kepulangan, Didi menjelaskan, panitia menyambut rombongan jamaah haji di debarkasi Jakarta-Bekasi. Jamaah haji lalu diantarkan menggunakan bus. Ada yang diantar ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing, ada juga yang ke Kantor Kemenag Kota Bandung.

Didi bersyukur para jamaah asal Kota Bandung ini secara umum dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar di Tanah Suci. “Alhamdulillah, mayoritas pelayanan cukup memuaskan,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement