Sabtu 05 Aug 2023 17:27 WIB

Lahan Kosong Eks-Pujagalana Terbakar, Aktivitas Wisata di Goa Sunyaragi Normal

Kebakaran di lahan eks-Pujagalana diakibatkan musim kemarau yang kering dan panas.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Sejumlah pengujung nampak berfoto di lingkungan objek wisata Goa Sunyaragi di Cirebon.
Foto: Darmawan / Republika
Sejumlah pengujung nampak berfoto di lingkungan objek wisata Goa Sunyaragi di Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Lahan kosong yang berada di eks-Pujagalana Jalan Brigjen Darsono By Pass Kota Cirebon, terbakar, Sabtu (5/8/2023) siang. Beruntung, kebakaran lahan yang berada persis berada di sebelah Objek Wisata Goa Sunyaragi itu dapat dipadamkan sebelum merembet ke tempat lain.

‘’Laporan warga ada lahan di samping Goa Sunyaragi terbakar, kami langsung memanggil petugas Damkar,’’ kata Bhabinkamtibmas Sunyaragi Polsek Kesambi, Aiptu Abdul Rouf.   

Rouf mengungkapkan, pihaknya bersama petugas Damkar Kota Cirebon kemudian  melakukan pemadaman di lahan yang terbakar. Dalam waktu singkat, api sudah berhasil dipadamkan.

‘’Gak lama (padam) karena petugas Damkar datang Cepat,’’ tambah Rouf.

Sementara itu, pihak Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon menjelaskan bahwa kebakaran di lahan eks-Pujagalana, yang juga dikelolanya, diakibatkan musim kemarau yang kering dan panas.

‘’Musim kemarau yang telah berlangsung beberapa bulan ini, membuat rumput di lahan itu menjadi kering sehingga sangat mudah terbakar,’’ terang Humas BPTAGS, Eko Ardi Nugraha. 

Eko pun berterima kasih kepada petugas Damkar dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa Kelurahan Sunyaragi Kota Cirebon, yang cepat tanggap untuk memadamkan api.

‘’Beruntung kebakaran tersebut tidak merambat dan tidak menganggu aktivitas pengunjung di Goa Sunyaragi,’’ jelas Eko.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement