Ahad 13 Aug 2023 14:51 WIB

Raimas Macan Kumbang Polresta Cirebon Gagalkan Tawuran, Sita Berbagai Sajam

Tim Raimas Macan Kumbang mengamankan belasan pemuda yang hendak tawuran. 

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon.
Foto: Dok Humas Polresta Cirebon
Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon menggagalkan aksi tawuran pemuda di wilayah Kecamatan Arjawinangun dan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Ahad (13/8/2023), sekitar pukul 04.00 WIB. Belasan pemuda yang hendak tawuran diamankan, termasuk barang bukti berbagai jenis senjata tajam (sajam).

Para pemuda yang diamankan berinisial FA (17 tahun), LM (15), RA (16), RF (17), SF (17), LI (16), MF (16), IL (15), FJ (16), FR (22), FL (16), RI (16), KD (18), dan RG (17).

Baca Juga

Kepala Polresta (Kapolresta) Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, belasan pemuda yang hendak tawuran itu diamankan saat Tim Raimas Macan Kumbang 852 melakukan patroli rutin. “Kami langsung mengamankan mereka berikut barang buktinya,” kata Kapolresta.

Barang bukti yang diamankan, antara lain berupa sajam. Terdiri atas empat celurit, dua golok, dan satu sajam yang menyerupai gergaji. Polisi juga menyita sejumlah ponsel dan lima unit sepeda motor.

Kapolresta mengatakan, aksi tawuran merupakan salah satu sasaran patroli rutin Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon. Sasaran lainnya, di antaranya geng motor, tindak premanisme, peredaran minuman keras (miras), narkoba, dan kendaraan dengan knalpot bising. 

Tim Raimas Macan Kumbang juga berupaya mengantisipasi kejahatan jalanan lainnya, serta tindakan yang dapat meresahkan masyarakat.

Menurut Kapolresta, Tim Raimas Macan Kumbang 852 menggelar patroli, baik siang, sore, maupun malam, sebagai upaya preventif untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman, nyaman, dan kondusif. 

Dalam patroli tersebut, petugas juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan mengingatkan masyarakat untuk selalu mewaspadai setiap potensi terjadinya tindak kriminalitas.

Kapolresta mengatakan, melalui patroli itu juga jajaran Polresta Cirebon berupaya merespons pengaduan dari masyarakat.

“Kami pastikan Polresta Cirebon dan Polsek jajaran tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas dan keras kepada para pelaku kejahatan yang melakukan aksi kriminalitas di Kabupaten Cirebon,” kata Kapolresta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement