Jumat 18 Aug 2023 15:37 WIB

Kebakaran di Hutan Kayu Putih Indramayu, Lahan yang Terbakar Tiga Hektare

Kendaraan damkar kesulitan mengakses lokasi kebakaran.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.
Foto: MGIT4
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Kebakaran dilaporkan terjadi di area hutan kayu putih di Desa Jatimunggul, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Area lahan yang terbakar dilaporkan sekitar tiga hektare.

Peristiwa kebakaran di area hutan kayu putih itu dilaporkan terjadi pada Kamis (17/8/2023), sekitar pukul 18.30 WIB. Komandan Regu (Danru) 4 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu, Sihabudin, menjelaskan, semula dikabarkan lokasi kebakaran di sekitar Jalan Tol Cipali KM 138.

Baca Juga

Ternyata titik api berada di tengah kawasan hutan kayu putih, yang masuk wilayah Desa Jatimunggul, Kecamatan Terisi. “Ada satu kendaraan pemadam yang diluncurkan ke lokasi kejadian,” kata Sihabudin, Jumat (18/8/2023).

Menurut Sihabudin, akses menuju lokasi kebakaran sangat sulit, sehingga tak bisa dijangkau kendaraan damkar. Karenanya, enam petugas damkar yang diturunkan untuk melakukan pemadaman mesti berjalan kaki menuju ke titik api. “Jarak dari jalan ke lokasi sekitar 500 meter,” ujar Sihabudin.

Petugas damkar berupaya memadamkan api dengan cara manual, yaitu memukul-mukul api menggunakan tanaman yang ada di sekitar lokasi. Petugas damkar berupaya ekstra keras melakukan pemadaman agar api tidak menyebar dan mengakibatkan dampak yang lebih luas.

Kebakaran dilaporkan bisa dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB. Lahan yang terbakar di area hutan kayu putih itu dilaporkan mencapai sekitar tiga hektare. “Apinya besar sekali. Alhamdulillah, berhasil ditangani,” kata Sihabudin.

Ihwal pemicu kebakaran, Sihabudin belum mengetahui penyebab pastinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement