Selasa 29 Aug 2023 06:51 WIB

Ketua DPRD: Bogor Fest 2023 Geliatkan Perekonomian

Ada 600 pelaku UMKM yang berjualan di stan-stan area Stadion Pakansari.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menghadiri pembukaan perhelatan Bogor Fest 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (24/8/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menghadiri pembukaan perhelatan Bogor Fest 2023 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (24/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menilai, kegiatan "Bogor Fest 2023" yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, menggeliatkan perekonomian daerah.

Rudy menyebutkan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor itu memberi keuntungan bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terlibat. Sedikitnya ada 600 pelaku UMKM yang berjualan di stan-stan area Stadion Pakansari yang telah disediakan oleh panitia Bogor Fest.

Produk-produk yang dipasarkan yakni makanan dan minuman olahan, kerajinan tangan, hasil pertanian, pakaian, dan lain-lain. "Helaran yang dikemas dalam bentuk pesta rakyat itu, tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat tapi juga menghidupkan geliat perekonomian," kata Rudy, Senin (28/8/2023).

Menurut dia, Bogor Fest yang menampilkan bermacam potensi dari seluruh penjuru Bumi Tegar Beriman itu, dapat mengingatkan betapa beragam kekayaan Kabupaten Bogor.

 

"Yang terpenting adalah kegiatan-kegiatan yang kita lakukan memberikan manfaat bagi masyarakat. Masyarakat terhibur, kegiatan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Rudy turut hadir dalam pembukaan acara dan juga parade yang menampilkan potensi ekonomi dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Menurut Rudy, sebagian besar daerah kecamatan memamerkan produk-produk pertanian, baik hasil bumi, maupun  budidaya peternakan. 

Karena itu, dia berharap, pembangunan sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Bogor mendapat perhatian yang lebih serius dalam perencanaan pembangunan ke depan.

"Apa yang dipertunjukkan masyarakat pada Bogor Fest, terutama hasil bumi, sawah, kebun, hingga produk-produk olahan seperti kerajinan tangan merupakan kegiatan yang menjadi tumpuan ekonomi masyarakat. Kewajiban pemerintah adalah memastikan kegiatan tersebut berjalan dengan ekosistem yang baik. Alamnya tetap terjaga, permodalannya bisa diakses, pasarnya terus diperluas," kata Rudy.

Rudy juga menyorot, keterlibatan berbagai komunitas dalam helaran tersebut. Menurut dia, kelompok-kelompok masyarakat yang menggeluti bidang tertentu juga tak kalah penting peranannya untuk membangun Kabupaten Bogor. 

Dia berharap, kreativitas dan sinergi antara komunitas, swasta, dan pemerintah bisa terjalin untuk membangun Kabupaten Bogor yang maju, adil, makmur, dan berkeadaban.

"Kabupaten Bogor ini daerah yang sangat kaya. Kabupaten Bogor daerah yang sama-sama kita cintai. Karena itu, saya Rudy Susmanto mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bogor membangun daerah ini dan melanjutkan kebaikan yang telah dilakukan para pendahulu kita," tandasnya.

Bogor Fest 2023 kembali digelar Pemerintah Kabupaten Bogor setelah terjeda karena pandemi Covid-19. Helaran pesta rakyat ini menampilkan keragaman Kabupaten Bogor, mulai dari hasil bumi, ekonomi kreatif, agro industri, potensi wisata, hingga berbagai ajang aktivitas yang dilakukan komunitas.

Bogor Fest 2023 juga menghadirkan beraneka hiburan dengan menghadirkan band papan atas. Ketua Pelaksana Bogor Fest 2023, Didi Kurnia mengatakan, kegiatan tersebut melebihi target 40 ribu pengunjung dalam 4 hari kegiatan 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement