Kamis 31 Aug 2023 17:21 WIB

BPBD Jabar Sebut Masih Ada Titik Api dan Asap di TPA Sarimukti

Hingga Kamis pagi, keberhasilan pemadaman kebakaran mencapai 35 persen.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
BNPB mengoperasikan helikopter melakukan water bombing untuk membantu pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
BNPB mengoperasikan helikopter melakukan water bombing untuk membantu pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melaporkan masih ada titip api dan asap di area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti hingga Kamis (31/8/2023) pagi. Upaya pemadaman masih dilakukan di tempat pembuangan sampah wilayah Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, itu.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Hadi Rahmat menjelaskan, hingga Kamis, sekitar pukul 07.00 WIB, masih ada titik api dan asap di sejumlah zona TPA. “Untuk zona satu kondisi saat ini pemadaman sudah 90 persen dan masih ada titik api di lembah. Untuk zona dua, asap masih tebal dan masih ada titik api kecil, pemadaman berhasil sekitar 30 persen,” kata dia.

Baca Juga

Adapun di zona tiga, menurut Hadi, masih muncul asap tebal dan tampak titik api. Pemadaman di zona tiga disebut baru sekitar 10 persen. Sementara di zona empat pemadaman disebut sudah mencapai 60 persen dan masih muncul asap tebal. 

“Total keberhasilan pemadaman dari luas area 16,5 hektare sekitar 35 persen,” kata Hadi.

 

Hadi mengatakan, upaya pemadaman masih terus berjalan. Termasuk lewat udara dengan water bombing. Sekitar 176 ribu liter air dijatuhkan. Alat berat juga terus disiagakan untuk membantu upaya pemadaman.

Menangani dampak kebakaran, di Desa Sarimukti sudah didirikan pos kesehatan. Dapur umum juga disiapkan untuk kebutuhan masyarakat terdampak, relawan, juga petugas dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement