Senin 11 Sep 2023 14:17 WIB

Pemkot Bandung-Bulog Koordinasi Siapkan Operasi Pasar Beras

Pemkot masih memastikan alokasi beras untuk operasi pasar per kecamatan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah.
Foto: REPUBLIKA/Dea Alvi Soraya
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, berencana menggelar operasi pasar komoditas beras. Operasi pasar ini diharapkan dapat membantu menekan harga beras di pasaran yang naik belakangan ini.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, untuk pelaksanaan operasi pasar beras ini masih dikoordinasikan dengan Perum Bulog Cabang Bandung. “Ini saya masih konfirmasi dengan Bulog mengenai alokasi beras per kecamatan dan jadwal pelaksanaan,” kata Elly, saat dihubungi Republika, Senin (11/9/2023).

Baca Juga

Diharapkan pembahasan bisa segera tuntas. Disdagin sebelumnya merencanakan operasi pasar beras di tingkat kecamatan dimulai pekan ini. “Bulog menjanjikan baru besok, Selasa, informasi yang pastinya,” ujar Elly. 

Sebelumnya, Elly mengabarkan, operasi pasar komoditas beras direncanakan digelar di 30 kecamatan. Diperkirakan total beras kualitas medium yang disediakan sekitar 450 ton. “Rencana alokasi per kecamatan 15 ton,” kata dia, Kamis (7/9/2023). 

Operasi pasar beras itu akan ditujukan bagi warga dengan KTP Kota Bandung. Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian Disdagin Kota Bandung Meiwan Kartiwa mengatakan, untuk operasi pasar ini pihaknya menggandeng Bulog.

Diharapkan juga ada dukungan dari pihak lain, seperti Bank Indonesia, sehingga harga beras yang dijual saat operasi pasar bisa lebih terjangkau oleh masyarakat. “Terkait waktu pastinya dan satu hari berapa kecamatan atau jadwal per kecamatannya ini masih kita bahas, masih kita matangkan,” kata Meiwan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement