Rabu 20 Sep 2023 16:02 WIB

Lagi-Lagi Terjadi Kebakaran Lahan di Kalimanggis Wetan Kuningan

Lahan yang terbakar luasnya sekitar dua hektare.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran lahan terjadi di wilayah Dusun Kliwon, Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023) malam.
Foto: Dok Damkar Kuningan
Kebakaran lahan terjadi di wilayah Dusun Kliwon, Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Kebakaran lahan terjadi di wilayah Dusun Kliwon, Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Api dikabarkan cepat merembet dan mendekat ke arah permukiman.

Berdasarkan informasi UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan, kebakaran lahan itu terjadi pada Selasa (19/9/2023), sekitar pukul 19.00 WIB. Lahan yang terbakar luasnya dilaporkan sekitar dua hektare.

Baca Juga

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti mengatakan, kebakaran itu terjadi di lahan milik seorang warga. Dari keterangan saksi, kata dia, api dilaporkan terlihat menyala dari arah jalan raya, merembet ke arah atas mendekati pemukiman dan kandang ayam broiler.

“Kemungkinan penyebab kebakaran dari yang membuang puntung rokok sembarang, yang kemudian membakar rumput-rumput kering,” kata Khadafi, Rabu (20/9/2023).

Khadafi mengatakan, saksi lain melihat nyala api di tebing pinggir jalan. Api semakin besar dan merambat ke bagian atas lahan mendekati area permukiman. 

Saksi dan warga lainnya kemudian berusaha memadamkan api, serta mengatur lalu lintas di jalan raya yang tak jauh dari lokasi kebakaran. Pasalnya, asap dari kebakaran itu dapat mengganggu jarak pandang pengguna kendaraan.

Kejadian kebakaran itu juga dilaporkan kepada UPT Damkar Kabupaten Kuningan. Dua unit kendaraan damkar dikerahkan ke lokasi. Menurut Khadafi, setelah dilakukan upaya pemadaman selama kurang lebih 80 menit, api akhirnya padam sekitar pukul 21.20 WIB.

Dilaporkan kebakaran lahan di kawasan tersebut merupakan kejadian yang keempat kalinya dalam beberapa waktu terakhir. Khadafi menyarankan agar dilakukan pengawasan, mengantisipasi adanya unsur kesengajaan yang memicu kebakaran. 

“Kami memberikan masukan untuk dilakukan patroli di sekitar area lokasi lahan untuk menjaga kemungkinan terulangnya kembali kebakaran. Kejadian kebakaran ini patut diduga ada unsur kesengajaan pembakaran lahan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Khadafi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement