Senin 02 Oct 2023 22:19 WIB

Monyet Liar Masuk Permukiman di Sukabumi, BPBD Turun Tangan

Monyet liar masuk permukiman diduga untuk mencari makanan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Monyet liar masuk permukiman.
Foto: istimewa
(ILUSTRASI) Monyet liar masuk permukiman.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menerima laporan soal monyet liar yang masuk lingkungan permukiman. Kejadian itu dilaporkan di wilayah Kelurahan Sindangpalay, Senin (2/10/2023).

“Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, tim BPBD langsung terjun ke lapangan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taupik, Senin (2/10/2023).

Baca Juga

Berdasarkan laporan awal, Novian mengatakan, ada dua monyet liar yang masuk ke area rumah dan kebun warga. Ia memperkirakan monyet liar itu masuk ke permukiman untuk mencari makanan. Saat kondisi kemarau, kata dia, kemungkinan monyet liar itu kekurangan sumber makanan di kawasan pergunungan.

Menurut Novian, petugas BPBD berupaya mengevakuasi monyet liar dari permukiman. Selain upaya evakuasi, kata dia, tim BPBD juga akan melakukan pemantauan di lokasi pada malam hari guna mengantisipasi monyet liar kembali masuk ke permukiman.

Novian mengimbau masyarakat melapor kepada pemerintah setempat atau BPBD apabila ada monyet liar yang masuk permukiman. BPBD, kata dia, akan berupaya membantu melakukan evakuasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement