Ahad 29 Oct 2023 21:41 WIB

Kebakaran di TPA Jalupang Karawang, Asap Menyebar ke Permukiman

Pemerintah membagikan masker kepada warga yang tinggal di sekitar TPA.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.
Foto: ANTARA/HO-BNPB
(ILUSTRASI) Kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, yang ada di wilayah Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Asap kebakaran dari TPA tersebut menyebar ke kawasan permukiman.

Kebakaran di TPA Jalupang dilaporkan terjadi sejak Sabtu (28/10/2023) siang. Hingga Ahad (29/10/2023), kebakaran masih terjadi. “Kepulan asap membubung tinggi dan menyebar ke wilayah pemukiman warga,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Wawan Setiawan, Ahad (29/10/2023).

Baca Juga

Menyikapi kondisi tersebut, Wawan mengatakan, pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang membagikan masker kepada warga yang tinggal di sekitar TPA Jalupang. Pembagian masker dibantu personel Polri dan TNI. 

“Pembagian masker ini kami lakukan untuk mencegah penyakit ISPA yang mungkin saja terjadi akibat dari dampak kepulan asap kebakaran yang menyebar ke arah pemukiman warga,” ujar Wawan.

 

Selain membagikan masker, Wawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menyiagakan puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap warga yang terdampak asap kebakaran.

Wawan mengaku saat ini belum mengetahui penyebab pasti kebakaran di TPA Jalupang. Begitu juga luas area yang terbakar di tempat penampungan sampah itu. 

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Rohmat Ilyas mengatakan, puluhan petugas dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman sejak Sabtu hingga Ahad. Menurut dia, kondisi angin yang terbilang kencang membuat api merembet ke titik lain.

Rohmat mengatakan, sejumlah mobil pemadam kebakaran dan peralatan untuk memadamkan api digunakan untuk menangani kebakaran. Petugas memanfaatkan sumber air yang ada di sekitar lokasi. “Lokasi TPA berdekatan dengan saluran air,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement