Sabtu 04 Nov 2023 05:30 WIB

Pos Damkar Yasmin Bogor Terdampak Longsor, Pemkot Usulkan Pemindahan

Longsornya area parkir Pos Damkar terjadi karena ada gerusan air di bawah tebing.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.
Foto: Shabrina Zakaria/Republika
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pos Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor di Sektor Yasmin, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor terdampak longsor saat hujan deras melanda pada Selasa (31/10/2023). Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pun berencana memindahkan pos tersebut ke lahan baru yang tidak jauh dari lokasi semula.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan setelah dilihat lebih jauh, untuk memperbaiki longsor ini membutuhkan penanganan yang cukup intensif dan biaya yang cukup besar. 

“Saya diskusi dengan Pak Sekdis, sekitar lokasi ini kita punya alternatif lahan aset milik Pemkot Bogor yang mungkin bisa dipakai dan lebih strategis. Nanti ke depan bisa lebih dikembangkan,” kata Dedie, Jumat (3/11/2023).

Dedie menjelaskan, lahan baru itu memiliki luas sekitar 1.000 meter persegi. Sedangkan Pos Damkar Sektor Yasmin saat ini lahannya hanya sekitar 500 meter persegi.

 

“Hari ini nanti dilihat, kemudian diajukan kepada PUPR untuk penanganan kedaruratannya atau pembangunan alternatif kantor yang sementara atau baru,” ujarnya.

Dedie menyebutkan, sejatinya bangunan di Pos Damkar Sektor Yasmin ini masih bisa digunakan. Namun rawan terjadi longsor berikutnya, meski longsor yang terjadi pada Selasa lalu berdampak pada area parkir.

Namun, menurutnya, aktivias Damkar yang ada di pos ini menjadi terganggu. “Makanya tadi, dicarikan alternatif lokasi terdekat yang akan kita ajukan untuk dibangun baru sebagai pengganti lokasi yang sekarang. Atau dibikinkan sementara, tapi masih di area sekitar Yasmin supaya bisa meng-cover wilayah Kecamatan Bogor Barat dan Tanah Sareal,” jelasnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, mengatakan longsornya area parkir Pos Damkar Sektor Yasmin ini terjadi karena ada gerusan air di bawah tebing. Namun, bagian yang tergerus air tidak diperkuat kembali.

“Kalau lihat dari ini, saya pernah jadi kepala pemadam juga 2010-2011, dari waktu itu saja memang sudah ada indikasi. Ada gerusan air di bawah, dan tidak diperkuat kembali. Lama-lama akhirnha seperti ini kejadiannya,” kata Theo.

Ia pun berharap, longsoran ini bisa diperbaiki meski membutuhkan anggaran yang cukup tinggi. Atau mengikuti saran Wakil Wali Kota untuk memindahkan keseluruhan posnya.

“Makanya tadi saran Pak Wakil, dimungkinkan lebih bagus dipindahkan karena dari sisi area parkir dan kendaraan beban, potensi longsor kembali juga tinggi,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Damkar Kota Bogor, Samson Purba, mengatakan longsor yang terjadi di Pos Damkar Yasmin berdampak pada area parkir. Sebab, di bawah area parkir terdapat tebingan setinggi sekitar 4 meter dengan kali kecil di bawahnya.

“Ada (penahan tebing), tapi sudah lama tergerus itu. Penyebabnya air di bawah jadi longsor,” ujarnya, Selasa (31/10/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement