Selasa 14 Nov 2023 13:21 WIB

Tantangan Media Modern Soroti Peran PWI dalam Kontrol Sosial dan Profesionalisme Wartawan

Pentingnya peran wartawan di tengah dinamika perkembangan media modern.

Konferensi PWI Kabupaten Bandung tahun 2023 digelar di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2023).
Foto: Pemkab Bandung
Konferensi PWI Kabupaten Bandung tahun 2023 digelar di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konferensi PWI Kabupaten Bandung tahun 2023 digelar di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2023). Bupati Bandung diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Persandian, dan Statistika Kabupaten Bandung Yosep Nugraha menghadiri kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya peran wartawan di tengah dinamika perkembangan media modern.

"Dunia jurnalistik terus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dewasa ini, jurnalisme tidak lagi sekadar menyampaikan berita, tetapi telah meluas ke seluruh aspek kehidupan," ujarnya.

Baca Juga

Yosep juga menyoroti fenomena "citizen journalism" yang semakin berkembang di sekitar kita. Namun, menurutnya, meskipun dapat membantu kontrol sosial, kemajuan teknologi juga membawa dampak negatif berupa maraknya berita bohong atau hoaks dan lain-lain.

"Ini menjadi tantangan bagi kita, terutama PWI sebagai insan pers untuk semakin profesional dan berwawasan guna menjalankan fungsi sebagai sumber informasi, agen edukasi, dan sosial kontrol dengan benar dan bertanggung jawab," katanya.

 

photo
Konferensi PWI Kabupaten Bandung tahun 2023 digelar di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung, Selasa (14/11/2023). - (Pemkab Bandung)

 

Ia juga menegaskan bahwa peran PWI sangat vital dalam menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat. Tanpa peran dari insan pers, informasi perkembangan pembangunan, khususnya di Kabupaten Bandung, tidak akan sampai ke masyarakat.

Tak lupa, dirinya menyampaikan pesan dan apresiasi dari bupati yang menyambut baik pelaksanaan Konferensi PWI Kabupaten Bandung tahun 2023 ini. Menurut Bupati, konferensi ini adalah upaya untuk semakin menguatkan peran PWI sebagai salah satu pilar pembangunan dan kontrol sosial terhadap pemerintah. Dia juga menyoroti tantangan pembangunan di masa depan yang akan lebih berat dan menjelaskan jawabannya adalah keberdayaan dan kemandirian yang dibangun di atas komitmen dan konsistensi tinggi terhadap nilai-nilai dasar organisasi.

Selain itu, Yosep juga menyampaikan penggarisbawahan dari Bupati bedas ini tentang pentingnya kepemimpinan yang visioner dalam organisasi. "Pemimpin harus memiliki wawasan jauh ke depan, kapasitas manajerial yang memadai, loyalitas, integritas, dedikasi tinggi, serta daya tanggap terhadap dinamika perubahan," katanya.

Terkait pemilihan pemimpin dalam Konferensi PWI Kabupaten Bandung, Yosep menyampaikan pesan bupati agar pemilihan tersebut didasarkan pada kualifikasi objektif dan rasional sesuai kebutuhan organisasi. Dia juga berharap ketua PWI ke depan dapat menghimpun dan mempersatukan semua wartawan, tidak hanya yang tergabung dalam PWI, tetapi juga dari organisasi kewartawanan lainnya.

Di akhir sambutannya, atas nama Bupati Bandunh, Yosep mengucapkan selamat melaksanakan konferensi dan berharap agar hasilnya mampu menyusun program yang ideal, melahirkan pemimpin yang amanah dan terbaik, serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang semakin bangkit, edukatif, dinamis, agamais, dan sejahtera.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement