Kamis 16 Nov 2023 23:25 WIB

DPRD Jawa Barat Menerima Delegasi RRC Bahas Pertanian Hingga Pengentasan Kemiskinan

DPRD ajak delegasi RRC ke wilayah percontohan penghasil paprika rangking 2 nasional.

DPRD Jawa Barat menerima kunjungan kerja delegasi Republik Rakyat China (RRC). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Sekretaris Komisi II R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira, serta Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman.
Foto: dok DPRD Jabar
DPRD Jawa Barat menerima kunjungan kerja delegasi Republik Rakyat China (RRC). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Sekretaris Komisi II R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira, serta Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- DPRD Jawa Barat menerima kunjungan kerja delegasi Republik Rakyat China (RRC). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari dan Sekretaris Komisi II R Yunandar Rukhiadi Eka Perwira, serta Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menyambut positif kunjungan kerja dari delegasi RRC. Selain itu, dalam pertemuan politisi perempuan asal PDIP tersebut menjelaskan banyak tentang Provinsi Jawa Barat, termasuk terkait potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) asal Jabar. 

Khususnya terkait potensi sektor pertanian, peternakan dan perikanan, hasil hutan di Jabar yang diketahui menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, terutamanya kala pandemi Covid-19. 

“Saya mengucapkan terima kasih, mengapresiasi atas kunjungan kerja yang dilakukan delegasi Republik Rakyat China. Kami (DPRD Jawa Barat) mengajak rekan-rekan dari delegasi RRC berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang menjadi salah satu wilayah percontohan penghasil paprika rangking 2 nasional,” tutur Ineu Purwadewi Sundari, Bandung, Kamis (16/11/2023). 

Sebetulnya lanjut Ineu Purwadewi Sundari menjelaskan, masih banyak daerah di Provinsi Jabar yang menjadi pemasok hasil pertanian. Masih banyak juga daerah dengan potensi perikanan yang luar biasa di Provinsi Jabar, salah satunya wilayah Pantura. 

Selain memiliki potensi SDA khususnya sektor pertanian, peternakan, perikanan hingga kehutanan dan sebagainya, di Jabar pun terdapat banyak lembaga pendidikan. Kampus-kampus ternama diketahui ada di Jawa Barat. 

“Kami berharap rekan-rekan delegasi RRC bisa menggali potensi kerjasama dengan Provinsi Jabar, atau dengan kata lain membawa potensi pertukaran atau bentuk kerjasama lainnya dengan Provinsi Jabar,” harapnya. 

Sementara itu, sebelumnya delegasi RRC mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari DPRD Jawa Barat. Kemudian pihak delegasi RRC menjelaskan maksud dan tujuan serta harapan atas kunjungan kerja yang dilakukannya ke Indonesia, khususnya ke DPRD Jawa Barat. 

Disamping itu, dalam pertemuan delegasi RRC pun memaparkan kondisi RRC dan potensi yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia, dalam hal ini dengan Provinsi Jabar. Dalam pertemuan, delegasi RRC pun menyampaikan keberhasilannya dalam menangani kemiskinan ekstrem pasca pandemi Covid-19 mewabah negara atau wilayahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement