Jumat 24 Nov 2023 17:45 WIB

Jumsih di Kota Sukabumi Sasar Sungai Cisuda

Peserta Jumsih mengangkut bermacam sampah di area Sungai Cisuda.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) di aliran Sungai Cisuda, Kecamatan Baros, Jumat (24/11/2023).
Foto: Dok.Pemkot Sukabumi
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengikuti kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) di aliran Sungai Cisuda, Kecamatan Baros, Jumat (24/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jawa Barat, menggalakkan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih). Salah satu sasaran Jumsih ini aliran sungai.

Pada Jumat (24/11/2023), kegiatan Jumsih menyasar aliran Sungai Cisuda di wilayah Kecamatan Baros. Peserta Jumsih mengangkut bermacam sampah dari area sungai, seperti sampah plastik dan sampah organik. Selain membersihkan sampah, saat Jumsih juga dilakukan pemotongan rumput di sekitar sungai.

Baca Juga

Kegiatan Jumsih di aliran Sungai Cisuda itu dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. “Jumat Bersih merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai,” ujar Kusmana.

Pemkot Sukabumi sudah mengeluarkan surat edaran untuk menggiatkan kegiatan bersih-bersih, seperti Jumsih. Kusmana berharap aktivitas untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa dilakukan setiap hari.

 

Kusmana pun bersyukur ketika dalam perjalanan dari rumah dinas menuju wilayah Baros melihat kondisi jalan yang bersih dan rapi. “Namun, jangan lupa, pengawasan harus terus dilakukan, dari mulai hal terkecil dan diawali oleh diri sendiri,” kata dia.

Kusmana berharap kegiatan Jumsih bisa menginspirasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Begitu juga lingkungan kantor dan lainnya. Masyarakat diharapkan tidak membuang sampah sembarangan. Ketika melihat sampah, diharapkan masyarakat dapat membantu untuk membuang ke tempatnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement