Jumat 24 Nov 2023 23:57 WIB

Sempat Tertutup Longsoran, Jalan di Cibeber Cianjur Sudah Bisa Dilintasi Kendaraan

Alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor dari jalan.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bencana.
Foto: Dok Republika.co.id
(ILUSTRASI) Bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Ruas jalan yang sempat tertutup longsoran di wilayah Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sudah bisa kembali dilintasi kendaraan. Namun, pengguna kendaraan diminta tetap waspada akan melintasi jalan tersebut.

Jalan yang merupakan akses menuju selatan Cianjur itu dilaporkan terdampak longsor pada Rabu (22/11/2023). Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Sukma Wijaya mengatakan, longsoran menghalangi akses jalan penghubung antarkecamatan itu.

Baca Juga

Menurut Asep, material longsor bisa dibersihkan setelah dua alat berat milik Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat dikerahkan ke lokasi. “Kamis sore (23/11/2023) sudah dapat dilalui dengan sistem satu arah secara bergantian karena alat berat masih bekerja membersihkan longsoran setinggi tujuh meter, dengan panjang lebih dari 20 meter,” kata dia, saat dihubungi, Jumat (24/11/2023).

Asep mengatakan, hingga Jumat pagi alat berat masih dioperasikan untuk membersihkan sisa material longsor. Selain itu, dilakukan juga pemasangan pagar bambu penahan tanah di bagian tebing yang dinilai rawan longsor. “Kita pasang pagar bambu penahan tanah di sepanjang tebing yang rawan longsor,” katanya.

 

Menurut Asep, pada Jumat pagi ruas jalan tersebut sudah dapat dilintasi pengguna kendaraan dari dua arah. “Untuk arus lalu lintas saat ini sudah dapat melintas normal dari kedua arah. Namun, kami minta pengendara tetap siaga dan waspada saat melintas,” ujar dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement