Selasa 05 Dec 2023 23:18 WIB

Longsor Jebol Rumah di Sukabumi, Satu Orang Terluka dan Penghuninya Mengungsi

Longsor terjadi di Kampung Cibubuay, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bencana longsor.
Foto: bpbd sukabumi
(ILUSTRASI) Bencana longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Longsor merusak satu rumah di wilayah Kampung Cibubuay RT 02/RW 01 Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023). Kejadian itu dikabarkan membuat seorang penghuni rumah terluka.

Peristiwa longsor itu dilaporkan terjadi pada Selasa sekitar pukul 04.00 WIB. “Hujan intensitas tinggi yang berlangsung lama menyebabkan longsor di Kampung Cibubuay,” ujar petugas Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria.

Baca Juga

Menurut Sandra, longsor terjadi pada area dengan panjang sepuluh meter dan tinggi 15 meter. Ia mengatakan, longsoran mengenai satu rumah warga, yang mengakibatkan dinding bagian samping kirinya jebol. “Peristiwa tersebut mengakibatkan satu orang mengalami luka-luka,” kata dia.

Korban terluka dibawa ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan medis. Sandra mengatakan, rumah terdampak longsor itu dihuni satu kepala keluarga (KK) dengan empat jiwa. Untuk sementara keluarga tersebut mengungsi ke tempat yang dinilai aman.

 

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak disebut berkoordinasi dengan perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, puskesmas, serta URC PB Desa Darmareja untuk melakukan penanganan di lokasi longsor.

Menurut Sandra, sementara ini dibutuhkan beronjong dan karung untuk mengantisipasi kejadian serupa. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement