Senin 18 Dec 2023 22:23 WIB

Personel Gabungan Cari Remaja yang Dilaporkan Tenggelam di Waduk Cirata

Personel SAR dibekali alat pencarian bawah air dan drone.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Korban tenggelam.
Foto: Foto : MgRol112
(ILUSTRASI) Korban tenggelam.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Personel gabungan melakukan pencarian terhadap seorang remaja berusia 14 tahun yang dilaporkan tenggelam di area Waduk Cirata, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Basarnas/Kantor SAR Bandung sudah menurunkan personel yang dibekali alat pencarian korban.

Remaja tersebut dilaporkan tenggelam saat tengah memancing bersama temannya di kawasan Waduk Cirata pada Ahad (17/12/2023) malam. Kepala Basarnas/Kantor SAR Bandung Hery Marantika mengatakan, pihak sudah memberangkatkan satu tim penyelamat ke lokasi kejadian untuk membantu melakukan pencarian korban.

Baca Juga

Tim tersebut bekerja sama dengan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), Polri, TNI, dan nelayan setempat. Pencarian dilakukan dengan penyisiran di tengah dan sisi area waduk.

Hery mengatakan, tim dari Basarnas/Kantor SAR Bandung dibekali dengan alat pencarian, seperti aqua eye. “Tim juga dibekali drone dan alat pencarian bawah air,” kata dia, Senin (18/12/2023).

Koordinator Lapangan PMI Kabupaten Cianjur Deni Rismanda mengatakan, personel di lapangan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mencari korban tenggelam. Personel gabungan melakukan penyisiran dengan perahu karet maupun perahu nelayan setempat.

Menurut Deni, pencarian dilakukan sampai radius sekitar satu kilometer dari lokasi korban dilaporkan hilang. Hingga Senin petang, kata dia, pencarian belum membuahkan hasil.

“Pencarian akan dimaksimalkan esok hari karena menjelang petang cuaca tidak bersahabat, sehingga dapat mengancam keselamatan petugas. Ditambah pencarian malam sulit dilakukan karena minimnya penerangan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement