Rabu 20 Dec 2023 17:25 WIB

Diduga Ibu dan Bayi Jadi Korban Malapraktik di RSUD MA Sentot, Ini Kata Kapolres Indramayu

Penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan penanganan kasus selanjutnya.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, saat ditemui di Mapolres Indramayu, Rabu (20/12/2023).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, saat ditemui di Mapolres Indramayu, Rabu (20/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Jajaran Polres Indramayu merespon cepat laporan mengenai dugaan malapraktik dalam kasus kematian ibu dan bayi di RSUD Pantura MA Sentot, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu.

‘’Hari ini kami terima laporan dari salah satu warga, yang melaporkan dugaan malapraktik terkait penanganan persalinan almarhumah istrinya yang terjadi hari kemarin (Selasa),’’ ujar .

Baca Juga

Fahri mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pelapor. Setelah pemeriksaan tersebut, pihaknya akan melengkapi alat bukti.

Fahri menambahkan, pihaknya akan memanggil saksi-saksi dalam kasus tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan gelar perkara untuk menentukan proses penanganan kasus itu selanjutnya.

Fahri mengungkapkan, pelapor datang dengan didampingi kuasa hukumnya. Dia menyebutkan, yang dilaporkan oleh yang bersangkutan adalah bahwa penanganan yang terjadi di rumah sakit menyebabkan istri dan anaknya meninggal dunia.

‘’Kami segera tindaklanjuti. Tapi kita lihat apakah perkara ini ada unsur tindak pidana atau  tidak. Ini nanti berdasarkan alat bukti yang akan kita lengkapi,’’ kata Fahri.

Seperti diketahui, Tasrun (30 tahun), suami dari Kartini (23), seorang perempuan yang meninggal dunia saat melahirkan bayinya di RSUD Pantura MA Sentot, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu, melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.

Selain Kartini, bayi yang dilahirkannya juga meninggal dunia, Selasa (19/12/2023) sekitar pukul 22.00 WIB.

Tasrun datang ke Mapolres Indramayu dengan didampingi pengacara, Rabu (20/12/2023). Mereka membuat laporan karena menduga ada tindakan malapraktik yang dilakukan pihak rumah sakit.

Kasus itu menjadi viral di media sosial. Ibu yang meninggal dunia saat melahirkan itu diketahui bernama Kartini (23), warga Desa Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. Ibu muda tersebut meninggal sekitar 15 menit setelah bayi pertama yang dilahirkannya itu meninggal terlebih dahulu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement