Selasa 05 Mar 2024 08:10 WIB

Profil Solihin GP, Kisah Cintanya dengan Istri Mirip Habibie Ainun

Maryam Harmain selalu mendampingi Solihin GP walaupun sama-sama duduk di kursi roda

Sesepuh warga sunda yang juga Gubernur Jawa Barat tahun 1970-1975 Solihin GP di dampingi istrinya saat menerima tamu di kediamannya.
Foto: Dok. Tmm
Sesepuh warga sunda yang juga Gubernur Jawa Barat tahun 1970-1975 Solihin GP di dampingi istrinya saat menerima tamu di kediamannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Mantan gubernur Jabar yang juga tokoh Sunda, Letjen TNI (Purn) Solihin GP meninggal dunia pada Selasa 5 Maret 2024 jam 03:08 WIB di RS Advent Bandung. Pria yang akrab disapa Mang Ihin ini, menjadi salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di Jabar.

Hal itu terlihat, ketika ada perhelatan politik baik itu pemilihan wali kota Bandung, Pemilihan Gubernur Jabar hingga perhelatan politik lainnya, para calon kerap sowan mendatangi kediaman Mang Ihin.

Baca Juga

Salah satu tokoh yang sempat sowan saat akan mengikuti pemilihan adalah Ridwan Kamil, Iwan Bule dan lainnya. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo pun, sempat berkunjung ke kediaman Mang Ihin.

Namun, dibalik sosoknya yang kharismatik, Mang Ihin ternyata memiliki kisah cinta yang mirip dengan Habibie dan Ainun. Mang Ihin dengan istrinya, Maryam Harmain selalu terlihat romantis di setiap kesempatan. Berdasarkan pengamatan Republika di berbagai kegiatan saat menerima tamu para tokoh, Maryam Harmain selalu mendampingi. Walaupun, pasangan suami istri itu sama-sama harus duduk di kursi roda.  

Kemesraan pasangan Mang Ihin dan Maryam Harmain pun, terlihat saat mereka berdua dirawat di RS Borremus Bandung, mereka berdua tampak bermesraan dan Solihin juga tampak menggenggam erat tangan istrinya.

Berikuti Profil Lengkap Alamrhum Solihin GP:

1. Letnan Jenderal TNI Solihin Gautama Purwanegara, mantan perwira Tentara Nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dari 1970 sampai 1975. Ia mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

2. Solihin GP  mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor. Kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

3. Solihin GP terkenal dengan gagasannya dalam mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut sebagai gogo rancah.

4. Solihin GP pernah terbaring sakit dan dilarikan ke RS Advent, Bandung pada 4 Juni 2017. Dokter mendiagnosa, terkena serangan stroke. Ridwan Kamil pun sempat menjenguk Solihin GP saat menjadi Wali Kota Bandung pada 9 Juni 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement